Sekda Ngongoloy Buka Bimtek Implementasi Peraturan Perundang-undangan Peningkatan SAKIP

Reporter : | 02 Sep, 2018 - 9:00 pm WITA

Peningkatan SAKIP, SAKIP Minahasa Tenggara, James Sumendap, Drs Robby Ngongoloy, RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Mewakili Bupati Mitra James Sumendap, Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy, ME, MSi, membuka bimbingan tehnis Implementasi Peraturan Perundang Undangan dalam rangka peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan Pemkab Minahasa Tenggara, yang digekar di Vila Lamet, Jumat (31/8/2018).

Sekda mengatakan bahwa SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengikhtisaran, pengklasifikasian dan juga pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja. Prioritas penerapan sistem manajemen pemerintah ini diharapkan mampu meningkatkan akuntabilitas yang berorientasi pada hasil.

“Dengan Bimtek ini para ASN lingkup Pemkab Mitra diharapkan semakin kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,”harap Ngongoloy.

Setiap target kerja, kata Ngongoloy, benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab apalagi target Bupati pasca penerimaan hasil laporan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE AKIP) di mana Kabupaten Mitra memperoleh predikat B.

“Diharapkan tahun selanjutnya Pemkab Mitra bisa memperoleh predikat yang lebih baik yakni BB,”ujar Ngongoloy.

Sementara Kepala Inspektorat Robert Rogahang, SE, dalam laporan kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, 31 Agustus sampai 1 september 2018, menghadirkan nara sumber dari pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Kepala Bagian Organisasi dan Perangkat Daerah Medi Mahendra beserta tim, dimana sebagai tindak lanjut kerja sama (MoU) antara Pemkab Mitra dan Kota Bandung dalam hal aplikasi E-SAKIP.

“Karena Pemkot Bandung melalui aplikasi E-SAKIP mereka mampu menyusun LKIP dalam hal ini pemetaan terhadap sasaran prioritas terukur secara tepat dalam proses pelaksanaannya hal ini dibuktikan predikat LKIP Pemkot Bandung memperoleh nilai A,” tuturnya.

Dia menambahkan, Pemkab Mitra sangat serius terhadap SAKIP sehingga perlu berbagi pengalaman dan pembelajaran dari pemkot Bandung.

“Jadi pesertanya, para kepala Perangkat daerah, sekretaris dan pejabat eselon 4 yang membidangi perencanaan,”jelas Rogahang.

Sementara itu, Medi Mahenda selaku narasumber memuji keseriusan Bupati James Sumendap terhadap peningkatan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di lingkup Pemkab Mitra, hal ini dibuktikan dengan kesiapan dari instansi terkait mulai dari sekda, para asisten, kepala perangkat daerah yang dikoordinir Inspektorat,BAPEDA serta bagian organisasi guna peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah menjadi lebih baik lagi.

“Saya meyakini bahwa Pemkab Mitra mampu meraih predikat lebih baik karena dukungan dan topangan penuh dari Bupati. Jadi Pada kesempatan ini saya ingin berbagi kiat kiat dan pengalaman kami pemkot Bandung terkait SAKIP melaui aplikasi E-SAKIP,”tandasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment