Terobosan OD-SK, Walikota Manado Terima Banyak Penghargaan

Reporter : | 22 Jul, 2018 - 10:19 pm WITA

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD-SK

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Steven Kandouw, OD-SK, teror bom,

MANADO, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) terus melakukan berbagai terobosan untuk pembangunan di Sulut.

OD-SK terus melakukan lobi ke pemerintah pusat, untuk pembangunan infrastruktur, ekonomi, social, budaya, politik, dan lain sebagainya. Dan yang paling signifikan, yakni sektor pariwisata terus melaju pesat.

Berkembangnya sektor pariwisata berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Sulut. Dari data Badan  Pusat Statistik (BPS) Sulut wisman didominasi oleh warga China pada bulan Mei 2018. Wisman asal China yang datang ke Sulut pada Mei 2018 sebanyak 8.324 orang atau 88,51 persen dari total wisman.

Turis China cukup banyak, karena adanya penerbangan sewa dari Tiongkok menuju Manado sejak dua tahun terakhir ini kemudian  diikuti oleh Amerika 172 orang (1,83 persen), Jerman 160 orang (1,70 persen), Singapura 104 orang (1,11 persen), Ausatralia 84 orang (0,89 persen). Hongkong sebanyak 73 orang (0,78 persen), Inggris 62 orang (0,66 persen), Perancis 46 orang (0,49 persen), Belanda 44 orang (0,47 persen), Malaysia 28 orang (0,30 persen).

Jumlah wisman yang datang ke Sulut melalui pintu masuk bandara Sam Ratulangi bulan Mei 2018 sebanyak 9.405 orang atau menurun sebesar 7,79 persen dibanding bulan April 2018 yang berjumlah 10.200 Orang.

Meningkatnya sektor pariwisata ini pula berdampak positif untuk pemerintah kabupaten dan kota, khususnya Kota Manado. Bahkan, Kementerian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif Republik Indonesia memberikan penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 kepada Kota Manado, karena dinilai mampu meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Indonesia.

Penghargaan iyu, diserahkan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Arief Yahya dan perwakilan Kemendagri kepada Wali kota Manado GS Vicky Lumentut baru-baru ini.

Kabag Humas Setdaprov Sulut, Christian Iroth mengatakan, terobosan yang dilakukan OD-SK, nantinya akan juga berdampak ke kabupaten kota lain di Sulut.

Dikatakan Iroth, seperti belum lama ini Olly bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kemenko Maritim Jakarta. Fokus dari agenda itu adalah untuk membahas soal peningkatan Pelabuhan Bitung menjadi International Port Hub, pelabuhan Manado, perluasan Bandara Sam Ratulangi dan pariwisata.

Menurut dia, peningkatan Pelabuhan Bitung menjadi International Port Hub bakal mempercepat waktu pelayaran kapal karena jarak tempuh yang lebih dekat dari pelabuhan di luar negeri ke Bitung dibandingkan dengan pelabuhan lainnya sehingga akan membuka peluang investasi baru dan menciptakan pasar yang dampaknya ke pertumbuhan ekonomi Sulut.

“Misalnya, selama ini, barang impor China yang masuk ke pasar di Jakarta harus melewati pelabuhan di Singapura, Padahal, jika pengapalan langsung ke Bitung, memerlukan waktu yang lebih singkat,” kata ternganya.

Begitu juga dengan perluasan Bandara Sam Ratulangi, Pelabuhan Manado dan Pariwisata merupakan hal yang tak dapat dipisahkan. Masih dalam pertemuan itu, Gubernur Olly menerangkan tingginya pertumbuhan penumpang pesawat yang karena bertambahnya jumlah wisatawan asing hingga mencapai 80 persen sehingga harus didukung dengan infrastruktur penunjang yakni percepatan renovasi dan perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Nantinya, program renovasi bandara mengerjakan Beautifikasi Terminal, Perluasan Terminal dan Fasilitas Penunjangnya, Perpanjangan Runway sebesar 30.000 m²,. Semuanya akan dilaksanakan bertahap sejak tahun 2018.

“Pertumbuhan pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mengalami kenaikan yang signifikan. Sampai tahun 2018 ini, pariwisata Sulut mengalami kenaikan sampai 66 persen,”terang Wagub Kandouw saat membuka acara pesona Bunaken di Manado Town Square, pekan lalu.

Menurut Wagub Kandouw, kenaikan tersebut karena juga, kementerian terus mendukung semua kagiatan pariwisata di Sulut. Apalagi sekarang, jelasnya, Sulut kembali ketambahan satu penerbangan langsung ke negara China. Dan harapnya juga, mudah-mudahan dalam waktu dekat, kerja sama dengan pihak Korea sudah akan berlangsung.

“Sekarang itu pertumbuhan pariwisata Sulut dibandingkan dengan daerah lain, sangat pesat. Sekarang kita sudah 66 persen pertumbuhannya. Namun ini jangan berbangga, masih banyak pekerjaan yang harus dituntaskan,” ungkapnya.

Wagub Kandouw berharap kegiatan Festival Pesona Bunaken mampu menarik kunjungan wisatawan di Kota Manado dan sekitarnya.

“Festival Pesona Bunaken ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan event nasional tahun 2018, dan diharapkan mampu mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Wagub Kandouw.

Wagub Kandouw mengatakan Festival Pesona Bunaken 2018 adalah rangkaian kalender event tahunan dari Wonderful Indonesia, harus mendapatkan perhatian dari semua kalangan. Sehingga, katanya, berbagai kegiatan pariwisata harus terus diperbanyak dan berinovasi lagi, agar kunjungan wisatawan ke Sulut makin banyak. Harus diakui, katanya, kunjungan wisatawan ke Sulut mengalami peningkatan cukup pesat sejak dua tahun terakhir ini, itu semua karena upaya Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan semua masyarakat Sulut. (*/ton)

Baca Juga :

Leave a comment