Lahirkan Demokrasi Berkualitas, Hari Ini KNPI Mitra Gelar Dialog Pembangunan Politik Pemuda

Reporter : | 22 Mar, 2018 - 11:21 am WITA

pilkada mitra 2018, KNPI Mitra, dialog KNPI MitraRATAHAN, (manadotoday.co.id) – Jelang Pemilihan Kepalah Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), pada 24 Juni 2018 mendatang

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menggagas dialog kepemudaan dengan mengusung tema “Pembangunan Politik Kabupaten Minahasa Tenggara”.

Dialog tersebut digelar di Sabuah Cafe di Kelurahan Lowu, Kota Ratahan, dan dipastikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh politik Kabupaten Mitra, kalangan pemerintah, para senior KNPI hingga perwakilan organisasi kelompok masyarakat.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Mitra Ruland Sandag, menuturkan dialog ini digelar bertepatan dengan gelaran pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah. Dalam momentum ini pemuda harus mampu mengambil peran strategis.

“Saya kira inilah momentum yang tepat adanya dialog dengan menunjukan eksistensi pemuda dalam proses demokrasi. Dialog ini adalah awal dari sebuah komitmen pemuda untuk ikut berperan melahirkan proses demokrasi berkualitas dan mengakomodir kebutuhan dan keadilan bagi semua kelompok masyarakat,” ujar Sandag.

Sejauh ini kata dia, fakta dilapangan ada kecendrungan banyak pemuda yang bersikap apatis dalam pembangunan politik di daerah. Padahal sejatinya peran pemuda bisa menjadi sebuah era pembaharuan dengan melahirkan ide gagasan bagi pembangunan politik didaerah maupun bagi bangsa dan negara.

“Ini pun menjadi alasan kami dalam dialog ini ikut menghadirkan para tokoh politik, akademisi hingga pemerintah untuk bersama merangkul dan melahirkan ide dan gagasan pemberdayaan pemuda dalam bidang politik dan pembangunan,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Noldy Pangkerego, mengungkapkan agenda ini dilakukan dan digagas oleh pengurus DPD KNPI Mitra periode 2018-2021, sebagai langkah awal program kerja.

“Untuk persiapannya kami sudah menyebar undangan. Pun dalam kesempatan ini secara lisan kami ikut mengundang generasi muda Mitra untuk ikut hadir dan terlibat,” ajaknya.

Teknis kegiatannya sendiri sedianya akan digelar lebih ringan dan terbuka dengan membahas isu strategis pembangunan politik.

“Sebisa kita mengakomodir setiap masukan dan gagasan untuk kabupaten Mitra lebih. Didalamnya ada peran serta generasi muda,” tukas Pangkerego.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.