Hanya Satu Paslon yang Mendaftar, KPU Mitra Perpanjang Pendaftaran Cabup-Wabup

KPU Mitra , pilkada mitra 2018,  Johnly PangemnanRATAHAN (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akan memperpanjang pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati mulai pada 14-16 Januari 2018.

Berdasarkan surat KPU RI nomor 38/PL.03.2-SD/06/KPU/1/2018, bahwa sehungan dengan telah berakhirnya tahapan pendaftaran pasangan calon dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2018, bagi KPU Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten Kota yang hanya menerima pendaftaran 1 calon (Satu) pasangan calon agar menempu langkah sebagaimana diatur dalam peraturan KPU Nomor 14 tahun 2015 tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur dan wakil gubernur bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota dengan satu pasangan calon dan peraturan KPU Nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan /atau walikota dan wakil walikota sebagaimana telah diubah dengan peraturan KPU momor 15 tahun 2017.

“Jadi ini berdasarkan surat dari KPU RI bagi daerah yang hanya satu pasangan calon agar menempuh langkah sebagaiman telah diatur dalam petaturan KPU nomor 14 tahun 2015,” ujar Komisioner KPU Mitra Johnly Pangemnan.

KPU Mitra , pilkada mitra 2018,  Johnly Pangemnan
Johnly Pangemnan

Pangemanan mengatakan, di Minahasa Tenggara saat membuka pendaftatan calon bupati dan wakil bupati pada tanggal 8-11 Januari 2018, hanya satu pasangan calon yang mendaftar, untuk itu kebijakan perpanjangan ini untuk mengurangi potensi calon tunggal di Pilkada serentak. Apabila diakhir masa perpanjangan tetap hanya calon tunggal, maka diberlakukan sistem kotak kosong.

“Jadi mulai hari ini Kamis tanggal 11-13 mulai dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pada hari Minggu 14-16 Januari 2018 KPU Mitra akan kembali buka pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil Bupati Minahasa Tenggara,”tandas Pangemanan.

Diketahui di hari pertama pendaftaran pada Senin (11/1/2018), hanya pasangan James Sumendap-Jocke Legi yang mendaftar di KPU Mitra dan telah dinyatakan lengkap berkas.(ten)