Pemprov Sulut Temui Pemerintah Denmark Bahas Kerjasama Pengelolaan Sampah

SULUT, (manadotoday.co.id) – Keseriusan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) untuk memajukan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus dilakukan.

wagub sulut
Salah satu pertemuan Wagub Steven Kandouw dan rombongan Pemprov Sulut, dengan pemerintah Denmark.

Bahkan, pemerintahan OD-SK bukan hanya melakukan lobi di tingkat nasional, namun dilakukan juga di negara-negara Asia bahkan sampai Eropa.

Pada pekan lalu, Gubernur Olly mengunjungi Jepang untuk melobi sejumlah kerjasama, dan kali ini giliran Wagub Kandouw berangkat ke Denmark guna membahas kerjasama pengelolaan sampah.

Pada kunjungan tersebut, Kandouw bersama rombongan, mengunjungi Departemen Lingkungan Hidup dan Pangan Denmark, dan belajar dari State of Green Copenhagen, Denmark yang dikenal fokus dalam pengelolaan sampah (waste management).

“Pada kunjungan itu, pak Wagub (Kandouw) melakukan studi terkait masalah pengelolaan sampah dan pengembangan energi terbaharukan secara berkelanjutan, seperti pengembangan sumber daya Renewable Energy (Energi Terbaharukan), Wind Energy (energi angin), serta Incenerated Energy dari Waste (sampah),” ujar Kabag Humas Pemprov Sulut, Roy Saroinsong.

Lanjutnya, Kandouw bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan mengunjungi Pemerintah Kota Kopenhagen, guna melihat serta belajar langsung tentang proses mengelola sampah dengan cara yg ramah lingkungan (eco-friendly treatment) dan strategi pemerintah dalam pengelolaan sampah secara Sustainable.

Pada kesempatan itu, Wagub Kandouw mendapatkan materi tentang cara pengelolaan sampah secara sustainable. Pengelolaan ini sangat penting, mengingat sampah sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat, lingkungan sungai, pantai dan laut.

“Pak Wagub dan rombongan diajak pula ke Dinas Energy Danish, Kementrian Iklim dan Energy. Disana rombongan pak Wagub kembali belajar tentang upaya pemerintah provinsi dalam memproduksi dan mensuplai energi serta mengatur konsumsi energi dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca,” terang Saroinsong.

Diketahui, kehadiran Wagub Kandouw dan ke Denmark, guna melakukan perjanjian kemitraan dengan pihak swasta / private sector terkait perencanaan renewable energy (energi terbaharukan) dan cara yang efisien dalam penggunaannya, yang dalam hal ini adalah pengadaan TPA Sampah Regional.

Turut mendapingi Wagub Kandouw pada kunjungan tersebut, Asisten III bidang Administrasi Umum Roy Roring, Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Ronald Sorongan M.Si, dan Kepala Biro Ekonomi & SDA Franky Manumpil. (ton)