Wagub Sulut Canangkan Gerakan Malendong Bersih Bunaken

Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, ketika melakukan bersih pantai Bunaken
Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, ketika melakukan bersih pantai Bunaken

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw mencanangkan Gerakan Malendong Bersih Bunaken, yang digelar di Bunaken Oasis Dive Resort, Jumat (25/11/2016).

Menurut Kandouw dalam sambutannya, kelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan hidup itu yang sangat penting bagi semua. Karena itu, Gerakan Malendong Bersih Bunaken ini menjadi gaung untuk seluruh masyarakat Sulut bahwa bersih lingkungan itu sangat penting.

Wagub Sulut Canangkan Gerakan Malendong Bersih BunakenDi sisi lain, Kandouw menyatakan jika selama pemerintahan OD-SK, sudah 7 kali melakukan gerakan bersih bersih seperti ini melibatkan instansi pemerintah, organisasi masyarakat, TNI/Polri dan masyarakat.

“Dampaknya, dalam tiga bulan saja sudah 35 ribu wisatawan yang berkunjung ke sulut, karena yang paling utama karena lingkungan alamnya yang bersih supaya menjadi daya tarik wisatawan berkunjung di daerah ini,” terang Kandouw.

Wagub Sulut Canangkan Gerakan Malendong Bersih BunakenIa menambahkan, lingkungan bersih harus menjadi budaya supaya kesadaran akan lingkungan menjadi culture bagi masyarakat.

“Pemerintah akan memberikan bantuan mobil sampah kepada kabupaten dan kota untuk menunjang gerakan bersih lingkungan ini supaya masyarakat sadar buang sampah pada tempatnya,” tandas Kandouw.

Sementara Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, MR Karliansyah mengatakan, kegiatan ini adalah tindak lanjut pertemuan gubernur dan menteri di Jakarta waktu lalu dan sekarang terlaksana.

Wagub Sulut Canangkan Gerakan Malendong Bersih Bunaken“Sadar lingkungan bersih adalah aset yang harus kita jaga,” katanya. Karliansyah menambahkan, kelemahan setiap pariwisata di Indonesia adalah keamanan dan kebersihan.

“Namun di Sulut semua kriteria sudah ada. Karena itu harus dilestarikan dan marilah kita terus lakukan gerakan bersih Malendong jadikan bunaken jadi kenangan indah bagi para wisatawan,” ungkapnya.

Sedangkan Direktur Pengendalian Pencematan dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Heru Waluyo mengatakan, kegiatan ini ditindaklanjuto agar dapat dilakukan bersih pantai di Bunaken.

“Kebersihan sungai juga akan dilàksanakan dan proses edukasi masyaramat tingkat kesadaran dan ubah prilaku agar jadi teladan dan contoh untuk tidak buang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut Wagub Kandouw menyerahkan bantuan alat alat kebersihan kepada masyarakat setempat. Turut ambil bagian pada kegiatan tersebut, para pejabat Eselon II di lingkup Pemerintah Provinsi Sulut. TNI, Polri dan segenap pegawai Pemprov dan masyarakat Bunaken. (advetorial)