Sumendap Minta Warga Kalait Lestarikan Adat dan Budaya

Reporter : | 19 Jul, 2016 - 12:30 am WITA

Desa Kalait, Adat Dan Budaya , Budaya Desa Kalait,

Bupati saat memasang lilin hut ke 92 Desa Kalait

TOULUAAN, (manadotoday.co.id) – Pemkab Mitra dalam hal ini Bupati James Sumendap SH meminta agar tokoh-tokoh adat yang ada di Desa Kalait Raya agar melestarikan budaya yang telah ada sejak Desa Kalait, Kecamatan Touluaan Selatan, berdiri.

Hal ini dikatakan Bupati James Sumendap SH, saat menghadiri HUT ke-92 berdirinya Desa Kalait Raya, yang berada di Kecamatan Touluaan Selatan, Senin (18/7/2016).

“Keberadaan Desa Kalait tersebut tak terlepas dari kerja keras para pendahulu yang merintis Desa Kalait sehingga semakin besar seperti saat ini,” kata Sumendap.

Sumendap menambahkan peringatan berdirinya Desa Kalait yang masih dilaksanakan secara adat, agar dapat terus dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya,”ini salah satu budaya yang perlu dilestarikan, karena acara HUT desa kalait raya masih dilaksanakan secara adat untuk menghormati leluhur yang telah mendirikan Desa Kalait ini,”terang Sumendap.

Selain itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat agar dapat menjaga persatuan diantara sesama masyarakat, meski berasal dari latar belakang sub etnis yang berbeda.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati yang di dampingi ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke, Ketua Komisi A Sammy pongilatan, bersama para jajaran Pemkab Minahasa Tenggara, dan para tokoh adat serta seluruh masyarakat Desa Kalait berziarah ke makam pendiri Desa Kalait. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment