RS Keliling Minahasa Tenggara Dipamerkan di Manado

Reporter : | 04 Mei, 2016 - 9:02 am WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id)- – Kendaraan Rumah Sakit (RS) keliling milik Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) di Manado mulai Senin hingga Rabu (4/5/2016) yang turut diikuti kabupaten dan kota lainnya.

“Rumah sakit keliling milik Minahasa Tenggara dipamerkan ke masyarakat oleh Pemerintah Provinsi di salah satu tempat perbelanjaan di Manado,” kata Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara dr Rinny Tamuntuan Selasa (3/5/2016).

Alasan diikutsertakannya RS keliling Minahasa Tenggara tersebut sebagai bagian promosi tentang pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Ini dalam rangka menyebarluaskan informasi kepada publik tentang upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Tamuntuan.

Kehadiran RS keliling tersebut merupakan salah satu inovasi baru yang dikembangkan pemerintah dalam peningkatan pelayanan bagi masyarakat.

“Mobil Rumah Sakit keliling ini merupakan salah satu inovasi pelayanan publik yang secara khusus dalam bidang kesehatan, dan ini merupakan terobosan dari Bupati James Sumendap,” katanya.

Selain sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, inovasi yang dilakukan Pemkab Minahasa Tenggara tentang pelayanan kesehatan tersebut juga turut dilombakan.

Pelayanan kesehatan yang dipamerkan di RS Keliling Minahasa Tenggara tersebut yakni pemeriksaan penyakit tidak menular lewat laboratorium mini, pemeriksaan IVA untuk deteksi dini kanker mulut rahim, pelayanan gawat darurat, operasi ringan, operasi katarak, pemeriksaan kehamilan dengan USG, rekam jantung.

“Tujuan kesemuanya yakni memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat. Selain ini memberikan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah terpencil,” tandasnya.(ten)

 

Baca Juga :

Leave a comment