Klaim Kemenangan di Pilkada Manado, Tumbelaka: Itu Tindakan Politik Kurang Sehat

Reporter : | 17 Feb, 2016 - 11:02 pm WITA

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pengamat politik dan pemerintahan di Sulut, Taufik Tumbelaka, memberikan penilaian terkait klaim kemenangan pada perhitungan sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado, yang digelar Rabu (17/2/2016) siang tadi.

Menurut Tumbelaka, saling klaim kemenangan antara para tim pendukung pasangan calon, merupakan tindakan politik yang kurang sehat. “Itu (klaim kemenangan,red) adalah tindakan politik kurang sehat,” tegas Tumbelaka, Rabu (17/2/2016) malam.

Dikatakan dia lagi, saling klaim kemenangan ini terjadi karena kekuatan masing-masing kandidat yang relatif seimbang, dan diduga klaim ini bagian dari strategi politik guna menekan proses penghitungan suara oleh KPUD, serta pembentukan opini publik.

“Jangan sampai saling klaim ini menimbulkan kebingungan di masyarakat, dan berpotensi menimbulkan gesekan antar pendukung,” ingat Tumbelaka.

Dia mengharapkan, masyarakat di Kota Manado menunggu hasil keputusan dari KPUD Manado, dan tak terpancing dengan isu-isu yang bisa saja menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Sebelumnya, Ketua KPU Sulut, Yessy Momongan, hasil resmi pelaksanaan Pilkada Manado ini, akan diketahui lewat keputusan KPU Manado yang akan melaksanakan rekap hasil surat suara 24 sampai 26 Februari 2016 nanti.

Tiga pasangan calon yang mengikuti Pilkada Manado, diantaranya, Harley Mangindaan dan Jemmy Asiku, pasangan GS Vicky Lumentut dan Mor Bastian, serta pasangan Hanny Jost Pajouw dan Tonny Rawung. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment