Pemprov Sulut akan Gelar Upacara Adat Tulude

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), rencananya akan menggelar upacara adat Tulude, 6 Februari 2016 nanti. Kegiatan yang akan bekerjasama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Nusa Utara (FKMNU) ini, rencananya digelar di lapangan Koni Sario Manado.

“Upacara adat tulude sudah menjadi agenda tetap Pemprov Sulut di setiap awal tahun. Dan pesta adat masyarakat Nusa Utara ini sudah yang kedua kalinya digelar sejak tahun lalu,” ujar mantan Wagub Sulut DR. Djouhari Kansil MPd yang juga selaku Ketua Umum FKMNU.

Lanjutnya, Tulude merupakan pesta adat yang bernuansa religius, yang oleh para leluhur dijadikan momentum ucapan syukur kepada yang Maha Besar Tuhan atas segala berkat dan pertolongan di tahun yang lama sambil memohon perlindungan di tahun yang baru.

“Gelaran adat ini selain akan dihadiri warga nusa utara juga tiga Kepala Daerah di kepulauan, para tokoh agama Kristen maupun Muslim, para pimpinan dan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota asal Nusa Utara,” terangnya.

Sementara Penjabat Gubernur Sulut DR. Sumarsono MDM, memberikan suport terhadap pelaksanaan iven ini sehingga boleh berlangsung sukses dan penuh hikmat.

“Gelaran adat ini merupakan upaya pelestarian nilai-nilai budaya local guna menunjang pariwisata di daerah ini, sembari menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara tersebut,” pungkasnya. (ton)