Musim Hujan Tiba, Sumarsono Ingatkan Warga Sulut Waspada

SULUT, (manadotoday.co.id) – Musim hujan mulai melanda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sejak pekan lalu. Terkait kondisi alam tersebut, Penjabat Gubernur DR. Sumarsono MDM, menghimbau kepada warga di Sulut, untuk waspadai bencana alam.

“Musim penghujan mulai membasahi wilayah Sulut dan sekitarnya. Saya menghimbau bagi seluruh masyarakat Sulawesi Utara, untuk lebih waspada dalam menghadapi musim penghujan kali ini,” ucap Sumarsono.

Dikatakan dia, sebelumnya daerah Bumi Nyiur Melambai, dilanda musim kemarau panjang (Elnino). Sehingga, kondisi alam tersebut membuat kontur tanah di sebagian besar wilayah menjadi retak dan rapuh.

“Oleh karena itu, seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk tetap meningkatkan kewaspadaan atas cuaca akhir-akhir ini yang mulai memasuki musim penghujan. Hal ini saya tekankan karena musim panas yang lalu telah membuat banyak retakan besar di wilayah Sulut, yang jika terkena air tentu akan berakibat longsor,” imbau Dirjen Otda Kemendagri ini.

Lebih lanjut Sumarsono menyatakan, diinstruksikan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Sulut Ir. Noldy Liow untuk meningkatkan kekuatan personil dan peralatan guna mengantisipasi perubahan cuaca kedepan di Sulut.

“Kepada seluruh warga Sulut juga diminta tetap menjaga lingkungan masing-masing termasuk kebersihan lingkungan sembari melarang keras penebangan liar yang dapat menyebabkan bencana banjir,” pungkasnya. (ton)