Bupati Mitra Serahkan Bantuan 20 Unit Hand Tracktor dan 4 Unit Pompa Air kepada Koptan

Reporter : | 24 Jun, 2015 - 10:00 am WITA

Bupati Mitra menyerahkan bantuan kepada kelompok tani

Bupati Mitra menyerahkan bantuan kepada kelompok tani

BELANG, (manadotoday.co.id)– Untuk meningkatkan produksi pertanian dan menunjang program swasembada pangan, Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH Selasa (23/6/2015) menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada sejumlah Kelompok Tani (Koptan) bertempat di Balai Benih Padi Desa Tababo Kecamatan Belang.

Bantuan yang diserahkan tersebut, untuk tahap pertama yakni 20 unit hand tracktor dan 4 unit pompaa air. Pada kesempatan tersebut Bupati Mitra James Sumendap SH, memberi arahan dan mengingatkan para koptan, agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik.

“Pemerintah berharap, kiranya bantuan ini dapat membantu meningkatan perekonomian masyarakat petani yang tergabung dalam koptan yang ada,” kata Sumendap, sembari menegaskan agar bantuan tersebut jangan sampai diperjualbelikan.

Lanjutnya, bantuan ini merupakan program pemerintah daerah dan pemerintah pusat, untuk meningkatkan kesejahteraan, khususnya bagi masyarakat petani. “Saya berharap apa yang dilakukan oleh pemerintah lewat penyelenggaraan bantuan dapat dimanfaatkan dengan baik. Saya yakin jika dimanfaatkan dengan baik dan benar, hasilnya pasti baik. Dan kepada instansi terkait serta pemerintah kecamatan dan desa, juga punya tugas untuk terus memotivasi masyarakat agar giat bekerja dan terus bertani,” ujar Sumendap.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Mitra Ir Elly Sangian ME dalam laporannya mengatakan, dalam rangka peningkatan produksi pertanian untuk mendukung swasembada pangan tahun 2015, dinasnya melaksanakan upaya khusus lewat kegiatan optimalisasi lahan tananman pangan, bantuan sarana produksi Alsintan, serta perbaikan irigasi.

“Untuk pengadaan Alsintan tahun 2015, kegiatan yang dilaksanakan lewat APBD dan APBN, yakni pengadaan 35 mesin rontok padi, 30 unit hand tractor, 4 unit pompa air, 1 unit penggilingan padi, 3 unit alat panen padi, 2 unit alat pengering, 12 unit mesin pemipil padi, dan 2 unit traktor roda empat,” urainya.

Jumlah koptan yang menjadi sasaran untuk kegiatan tahun 2015 menurut Sangian, ada sebanyak 843 kelompok. “Dari jumlah 843 koptan ini, total anggotanya sebanyak 14.331 anggota,” tukasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment