Humas Pemprov Sulut Terbaik se-Indonesia Timur

Reporter : | 04 Jun, 2015 - 9:52 pm WITA

Kinerja Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mendapat apresiasi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Pasalnya, SKPD dibawa pimpinan Kepala Biro DR. Jemmy Kumendong M.Si khususnya Bagian Humas Pemprov Sulut, menjadi Humas Pemerintah terbaik se Indonesia Timur.

foto 1

Kegiatan Pelatihan Sinergitas Kampanye Revolusi Mental ASN dan Reformasi Birokrasi bagi Praktisi Humas Pemerintah Provinsi dan Jurnalis, yang digelar Kemenpan-RB.

Berdasarkan data yang dibeber Kemenpan-RB di kegiatan ‘Pelatihan Sinergitas Kampanye Revolusi Mental ASN dan Reformasi Birokrasi bagi Praktisi Humas Pemerintah Provinsi dan Jurnalis’ yang dilaksanakan di Hotel Harris Sunset Road Bali, Humas Pemprov Sulut menempati posisi teratas dari 13 Provinsi se Indonesia Timur dalam bidang pemberitaan kegiatan Pemerintah Daerah.

Wartawan senior nasional Rustika Herlambang yang menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan itu, mengatakan salah satu penilaian sehingga Humas Pemprov Sulut menjadi yang terbaik, yakni dari perhitungan ekspos berita yang dilakukan Kemenpan-RB terhitung sejak tanggal 1 Januari 2015 sampai 31 Mei 2015, Humas Pemprov Sulut sebagai yang teratas dengan pengeksposan berita mencapai 182 berita, disusul Humas Pemprov Bali 53 berita, dan Humas Pemprov Sulsel 44 berita.

“Ini patut diberi apresiasi. Sebab, humas pemprov sulut dikatakan sukses dalam menyebarluaskan informasi pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di sulawesi utara,” ucapnya.

foto 2

Karo Pem-Humas Sulut DR. Jemmy Kumendong M.Si.

Lanjut dia, dihimbau kepada provinsi lain agar mencontoh Humas Pemprov Sulut untuk dapat maksimal dalam memberitakan kegiatan Pemerintah.

“Humas punya peran penting sebagai juru bicara pemerintah daerah, agar dapat memberikan penerangan-penerangan terkait kegiatan yang dilaksanakan. Harusnya ini diberikan penghargaan yang tinggi kepada humas pemprov sulut,” ungkap Herlambang.

Kepala Biro Pem-Humas Sulut DR. Jemmy Kumendong mengatakan, hasil yang dicapai ini tak lepas dari hubungan kemitraan dengan media yang ada.

“Kerjasama yang baik dari humas pemprov sulut dan media yang meliput di pemprov sulut, sehingga menghasil berita-berita yang cerdas, akurat, dan terpercaya terkait kegiatan pemprov daerah,” ujar Kumendong.

Kabag Humas Pemprov Sulut Drs. Jahja Rondonuwu M.Si, mengatakan, pihaknya bersyukur karena kerja keras para Kasubag dan Staf Humas selama ini, ternyata dipantau oleh pemerintah pusat.

foto 3

Kabag Humas Pemprov Sulut Drs. Jahja Rondonuwu M.Si

“Hasil yang dicapai ini, diharapakan menjadi pendorong bagi humas kabupaten dan kota di sulut, untuk lebih intens dalam mensosialisasikan kegiatan pemerintah daerah,” ajak Rondonuwu.

Sementara itu, “Golden Triangle” Sulut yakni Gubernur DR. S.H. Sarundajang, Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil MPd, dan Sekdaprov Ir. S.R. Mokodongan, memberi apresiasi positif atas kinerja Humas Pemprov Sulut yang berhasil melaksanakan penyebarluasan informasi kegiatan Pemprov Sulut, sehinga mendapatkan apresiasi dari Kemenpan-RB.

“Ini kami beri apresiasi. Saya berharap, prestasi ini menjadi modal untuk menambah semangat, dalam menjalankan tugas sehari-hari,” kata Gubernur Sarundajang.

Diketahui, dalam kegiatan pelatihan Sinergitas Kampanye Revolusi Mental ASN dan Reformasi Birokrasi bagi Praktisi Humas Pemerintah Provinsi dan Jurnalis di Bali, diikuti Yudhistira Kandou SSTP mewakili Kabag Humas Pemprov Sulut, dan Ronald Rorong mewakili Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) (komunitas wartawan yang meliput di pemprov sulut).

Pada kegiatan tersebut, turut diikuti oleh Humas Pemerintah Indonesia Timur yang terdiri dari Sulut, Bali, Sulsel, Sulbar, Maluku, Papua, NTT, Sulteng, Sultra, Gorontalo, Malut, NTB, dan Papua Barat. (advetorial)

Baca Juga :

Leave a comment