Lumintang Siap Sejahterakan Desa Mundung

Reporter : | 03 Jun, 2015 - 4:40 pm WITA

Riedel Lumintang SSos, mitra, minahasa tenggara, Tombatu Timur

Riedel Lumintang SSos

TOMBATU, (manadotoday.co.id) – Aktivis pemuda Mitra Riedel Lumintang SSos yang saat ini mencalonkan diri sebagai bakal calon hukum tua Desa Mundung Kecamatan Tombatu Timur menyatakan optimis dapat membawa masyarakat hidup sejahtera.

Menurut Lumintang, dasar pembangunan desa terdapat pada karakter pemimpin yang penuh semangat, jujur, bersih, transparan, good governence dan mimiliki jaringan luas dengan pemerintah daerah. “Karakter pemimpin menentukan arah pembangunan di desa. Apalagi jika pemerintah ingin menjadikan masyarakat sejahtera,” tegasnya.

Salah satu misi untuk mensejahtrakan rakyat yakni melakukan gebrakan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. “Badan usaha milik desa perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Desa harus memperoleh pendapatan asli desa misalnya, dengan monopoli ekonomi komoditas unggulan seperti kelapa, cengkih, padi. Semua dijual ke desa dan desa yang mengelolanya untuk mencari keuntungan,” kata Lumintang kepada manadotoday.co.id, Rabu (3/6/2015).

Menurutnya dengan demikian tidak akan terjadi kesenjangan sosial karena ketua masyarakat yang ada dijaga bisa diberi honor dari hasil kerja, serta orang sakit, lansia 80 tahun ke atas bisa dibantu dengan pendapatan asli desa. “Dengan memiliki pendapatan maka desa memiliki sumber keuangan sendiri, mandiri dan pasti,” jelasnya.

Menurutnya, program jangka panjang, semua yang memiliki usaha dapat disuntik dana bergulir dari desa. Nanti kita menyesuaikan dengan berapa jumlah dana yang masuk. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment