Disperindag Sulut Kembangkan Desa Industri Mandiri

Reporter : | 07 Mei, 2015 - 9:14 am WITA

Disperindag Sulut,  Alwy Pontoh SE Msi, Desa Industri , sulut, sulawesi utara,

Alwy Pontoh SE Msi

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut akan mengembangan Desa Industri Mandiri (DIM) berbasis bioteknologi. ‘’ Program ini untuk mendorong kesejehtraan masyarakat terutama di daerah pedesaan,’’ kata Kabid Industri Kecil dan Menengah Disperindag Sulut Alwy Pontoh SE Msi kepada manadotoday.co.id, Kamis.

Sebagai langkah awal, lanjut Alwy, pihaknya akan melakukan sosialisasi program di daerah Minahasa. Adapun komoditi yang akan dikembangkan adalah pupuk untuk menunjang program pemerintah yakni kemandirian pangan. ‘’Tapi, kita (Perindag Sulut) hanya mengembangkan pupuk yang terkait dengan penanaman dan pengembangan produksi pertanian adalah dinas terkait yakni Pertanian,’’ tuturnya.

Selain bertujuan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat pedesaan, kata Alwy, Kementerian Perindustrian juga melihat bahwa banyak potensi sumber daya alam di pedesaan yang belum dikembangkan secara optimal. Hal ini disebabkan antara lain, terbatasnya sumber daya manusia, lemahnya aksesibilitas dalam mengembangkan sektor ekonomi.

Menyinggung tentang pengembangan pupuk berbasis bioteknologi, menurutnya, hasilnya bahan bakunya sebagian besar berasal dari wilayah sekitar. Sedangkan untuk proses pembuatan akan didampingi tenaga ahli dari Kementerian Perindutrian sehingga produknya mampu meningkatkan produksi pertanian yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ‘’Selain tenaga tenaga ahli, juga disiapkan sarana untuk pengembangan rumah produksi,’’ tuturnya.(arm)

Baca Juga :

Leave a comment