Tomohon Bidik Swasti Saba Wistara III

tomohon, swasti saba wistara, smart city
Pemateri dalam Rapat Forum Kota Sehat Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon bersama Forum Kota Sehat mulai menggelar kegiatan dalam rangka Verifikasi Kota Sehat untuk memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistara III.

Untuk itu, bertempat di Villa Emita Hotel, Rabu (30/12/2020) dilaksanakan rapat membahas langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Forum Kota Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) Kota Sehat Kelurahan se-Kota Tomohon bersama Pembina dalam hal ini Pemerintah Kota Tomohon.

Tampil sebagai pemateri, Wakil Ketua Forum Kota Sehat Kota Tomohon Marthen Manua mewakili Ketua Erens D Kereh AMKL, Jenne Mandu SKM dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, Ruli Tumanduk SKM MKes, Kepala Bidang Kesehatan dan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tomohon dan Kepala Seksi Meyby Kereh SST.

Dalam pemaparannya, Manua menekankan tentang pentingnya komitmen dan kesatuan semua pihak dalam merebut Swasti Saba Wistara III.

‘’Kita harus komitmen dan mau bekerja keras dengan semangat gotong-royong melaksanakan kewajiban sesuai tatanan-tatanan yang ditetapkan dalam verifikasi nanti,’’ kata Manua.

Sedangkan Jenne Mandu SKM dalam materinya meminta agar semua pihak bahu-membahu dalam melaksanakan kegiatan yang akan dilakukan nanti. Kota Sehat kompleks karena melibatlkan 3 kementerian yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan serta Kementerian Lingkungan Hidup.

‘’Untuk Wistara III, ada tatanan yang bertambah dan seluruhnya menjadi sepuluh. Terdiri dari empat tatanan wajib dan enam tatanan pilihan,’’ tandasnya.

Empat tatanan wajib adalah Pemukiman Sarana dan Prasarana  Umum, Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Ketahanan Pangan dan Gizi, Pasar serta Pendidikan. Tatanan pilihan adalah Kehidupan Sosial yang Sehat dan Penanganan, Trasportasi dan Tata Tertib Lalulintas Jalan, Perindustrian (IKM) dan UKM, Pariwisata, Rumah Ibadah dan Kota Pintar (Smart City).

Ruli Tumanduk dalam materinya mengatakan, untuk menunjang Kota Sehat, nantinya disiapkan Call Center 119 untuk pelayanan kesehatan cepat serta Meiby Kereh memaparkan kesepakatan antara kementerian terkait tatanan-tatanan dalam Verifikasi Kota Sehat.

Kota Tomohon sendiri sejak tahun 2015 selalu mempeorleh penghargaan mulai dari Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wiwerda dan Swasti Saba Wistara. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.