Sundah Jadi Narasumber di Sosialisasi Pemantauan Perkembangan Politik

Djemmy J Sundah, Tomohon, DPRD
Ketua DPRD Tomohon Djemmy J Sundah narasumber di Sosialiasi Pemantauan Perkembangan Politik

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Djemmy J Sundah SE Kamis (3/12/2020) menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pemantauan Perkembangan Politik di daerah yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon dan bertempat di Homestay Walian Satu Tomohon Selatan.

Dalam pemaparannya yang berjudul ‘’Pemantauan Perkembangan Politik di Daerah’’, Sundah mengatakan bahwa sejak awal berdirinya pada tahun 2003, Kota Tomohon telah melaksanakan tiga kali Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. ‘’Pilwako tahun 2020 ini merupakan Pilwako yang ke empat, setelah Pilwako pada tahun 2005, 2010 dan 2015 yang lalu. Di samping itu juga ada beberapa kali Pemilu Presiden dan Legislatif yang telah terlaksana dan yang terakhir pada tahun 2019 yang lalu,’’ katanya.

Dan kekuatan tradisi politik masyarakat serta tingginya rata-rata tingkat pendidikan masyarakat di Kota Tomohon terbukti pada beberapa kali pelaksanaan Pilwako tersebut dan Pemilu Presiden maupun Legislatif, situasi dan kondisi politik dan keamanan di Kota Tomohon senantiasa terjaga dalam suasana yang damai dan kondusif.

Ditambahkannya, pilkada saat ini yang dilaksanakan di masa Pandemi Covid-19, tidaklah mudah. Ancaman terbesar adalah Pilkada dapat menjadi kluster penularan yang masif, jika tidak dilakukan upaya – upaya pencegahan dan kontrol yang ketat.

‘’Penularan dapat menjadi sumber masalah, jika jumlahnya menjadi terlalu tinggi dan tidak dapat terkontrol lagi, yang menyebabkan ambruknya sistem pelayanan kesehatan,’’ tukasnya.

Keterlibatan seluruh jajaran pemerintahan untuk memantau secara dekat dan berjenjang seluruh proses pelaksanaan pilkada sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, menjadi cara yang efektif untuk menangkal berbagai ancaman timbulnya gangguan bahkan kerawanan dan konflik horisontal di tengah masyarakat.

Semoga dengan kerja sama yang baik antar setiap unsur pemerintahan di Kota Tomohon yaitu aparat keamanan, penyelenggara Pemilu dan seluruh masyarakat Kota Tomohon, Pilkada Serentak tahun 2020 ini dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses.

Hadir dalam kegiatan ini Kajari Tomohon Immanuel Richendryhot SH MH,  Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Harbeth Andi Amino Sinaga SIP, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashary Gatot, SIK MH, Ketua KPU Tomohon Drs Haryanto Lasut MAP, Camat se-Kota Tomohon dan Lurah se-Kota Tomohon. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.