PT Garuda Indonesia Support Ekspor Bunga Tomohon ke Jepang

Vonny Franciska Pinontoan, PT Garuda Indonesia, Tomohon, Jepang
Vonny Franciska Pinontoan, General Manager PT Garuda Indonesia Manado

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Rencana ekspor bunga datri Tomohon ke Jepang mendapat support penuh dari pihak terkaut dalam hal ini PT Garuda Indonesia.

Melalui General Manager Manado Vonny Franciska Pinontoan, saat berkunjung ke Kota Tomohon bersama pihak terkait seperti Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Bea Cukai, Karantina Bandara, General Manager PT Garuda Manado Vonny Franciska Pinontoan mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana ekspor tersebut lewat transportasi.

Menurutnya, Kota Tomohon yang memiliki potensi tanaman hias seperti bunga tentunya para petaninya sangat berharap hasilnya bisa dipasarkan ke luar negeri selain di daerah sendiri.

‘’Karena peluang telah terbuka, harus ditangkap. Tentunya dengan memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh pihak tujuan ekspor,’’ kata Pinontoan.

Ketua Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) Kota Tomohon Piet HK Pungus SPd memberikan apresiasi kepada pihak PT Garuda Indonesia dan pihak terkait lainnya yang yelah mensupport rencana ekspor bunga ke Jepang.

‘’Sebagai petani bunga dan organisasi Asbindo, tentunya kami akan berupaya agar kerja sama eskpor ini bisa berhasil demi kesejahteraan petani bunga di Kota Tomohon,’ tukas Pungus.

Pihak terkait sendiri akan mengambil sampel bunga Tomohon untuk diperiksa apakah memenuhi standar yang diminta atau tidak.

Jepang sendiri adalah negara paling banyak sebagai konsumen bunga, di mana ada sejumlah iven di negara Sakura tersebut yang butuh banyak bunga. Kebutuhan pertahun mencapai 1 miliar batang bunga. (ark)