Pemkot Tomohon Sosialisasi Jadwal Menghadapi Akhir Tahun Anggaran

Tomohon, Jimmy Feidie Eman, sosialisasi
Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA saat membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA Kamis (12/11/2020) bertempat di Rumah Dinas membuka Sosialisasi Jadwal Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2020 Pemerintah Kota Tomohon.

KPU TOMOHON

Menurut wali kota, berdasarkan pasal 134 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, bahwa Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) selaku Bendahara Umum Daerah (BUD) menyusun anggaran kas pemerintah daerah untuk mengatur ketersediaan dana dalam mendanai pengeluaran sesuai dengan rencana penarikan dana yang tercantum dalam DPA SKPD.

Di mana anggaran kas memuat perkiraan arus kas masuk yang bersumber dari penerimaan dan perkiraan arus kas keluar yang digunakan untuk mendanai pengeluaran daerah dalam setiap periode.

BAWASLU TOMOHON

‘’Tren yang selama ini terjadi dalam pelaksanaan APBD, permintaan pencairan dana oleh pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran cenderung diajukan pada akhir-akhir periode tahun anggaran atau triwulan empat yakni Oktober hingga Desember. Untuk itu telah diterbitkan Surat Edaran nomor 244/WKT/XI-2020 tentang jadwal menghadapi akhir tahun anggaran 2020,’’ jelas wali kota.

Berkaitan dengan surat edaran tersebut, ada tiga penegasan wali kota, yakni pertama, pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran dapat memedomani isi, maksud dan ketentuan dalam surat edaran ini, antara lain batas-batas waktu penyampaian dokumen  sehingga tidak terjadi penumpukan di satu waktu.

Kedua, pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran dapat melaksanakan kegiatan setelah diterbitkan Surat Penyediaan Dana (SPD) oleh PPKD selaku BUD dan ketiga, pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran menginstruksikan setiap pejabat pengelola keuangan perangkat daerah wajib berada di kantor dalam rangka memproses tagihan.

‘’Harapan kita semua semakin kompak dalam memajukan Kota Tomohon yang kita cintai dan kiranya Tuhan yang Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi segenap masyarakat dan Pemerintah Kota Tomohon,’’ tukas Eman.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh, para Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Pimpinan Bank Sulutgo Tomohon Romel Paat serta Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran di lingkup Pemerintah Kota Tomohon. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.