Ketua DPRD Narasumber pada Rakor Pengamanan Pilkada

Ketua DPRD Tomohon narasumber di Rakor Pengamanan Pilkada

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tomohon Djemmy J Sundah SE menjadi natrasumber pada Program Pemeliharaan Keamanan Lingkungan pada Kegiatan Penanganan Konflik Daerah di acara Rapat Koordinasi Pengamanan Pemilihan Kepala Daeah Serentak tahun 2020 Kota Tomohon yang digelar di Homestay Tomohon Selatan, Rabu (2/12/2020).

Dalam materinya yang berjudul ‘’Kebijakan Legislasi Dalam Rangka Memelihara Keamanan Dan Kenyamanan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan  Pilkada 2020’’, Ketua DPRD mengatakan bahwa Salus Populi Suprema Lex atau keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi adalah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan situasi penyelenggaraan Pilkada serentak pada tahun 2020 ini.

‘’Penyelenggaraan agenda politik nasional yaitu pilkada serentak 2020, dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, tentu harus benar-benar disertai dengan berbagai aturan untuk memastikan pelaksanaannya tidak menjadi ancaman pada keselamatan rakyat atau masyarakat. Berbagai protokol kesehatan yang ditetapkan harus dijalankan dengan ketat oleh penyelenggara Pemilu,’’ katanya.

Di sisi lain Sundah mengatakan Pemerintah Kota Tomohon harus memastikan dukungan yang maksimal dalam pelaksanaaan seluruh proses pelaksanaan Pilkada dan harus memastikan adanya perlindungan yang memadai dan menjamin kesehatan dan keselamatan seluruh masyarakat Kota Tomohon.

DPRD Kota Tomohon lanjutnya, terus berupaya untuk menunjang dan memberi dukungan atas pelaksanaan pilkada kota tomohon selain melalui pemenuhan kebutuhan operasional penyelenggaraan Pemilu sesuai ketentuan perundan-undangan, juga melakukan upaya pencegahan dan penularan wabah Covid-19 yang berkelanjutan.

‘’Kami sementara membahas Ranperda inisiatif yaitu Ranperda tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, yang sedang berproses dan dalam waktu dekat akan ditetapkan,’’ tukasnya.

Hadir dalam kegiatan, Kajari Tomohon Immanuel Richendryhot SH MH,  Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Harbeth Andi Amino Sinaga SIP,  perwakilan Polres Tomohon, Kasat Pol PP Syske Wongkar SPd serta peserta kegiatan, unsur TNI, Polri, Pol PP, Linmas, dan unsur terkait. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.