Jemaat ke-1.000 di GMIM, ‘’Wilken’’ Paslaten Ditahbiskan

Pentahbisan dan Peresmian Jemaat GMIM ”Wilken’ Paslaten Wilayah Tomohon Satu’

TOMOHON, (manadotoday.co.id)— Ketua Badan pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Masehi Injili di MInahasa (GMIM) Pdt Dr Hein Arina dalam Ibadah Minggu (2/2/2020) mentahbiskan Gedung Gereja GMIM ‘’Wilken’’ Paslaten Wilayah Tomohon Satu sekaligus meresmikannya sebagai Jemaat ke-1.000 di GMIM.

Sementara gedung gereja yang secara keseluruhan dibangun dengan biaya sekitar Rp4.219.767.825 dengan durasi 8 tahun tersebut diresmikan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA.

Nama Wilken diambil dari Zendelling asal Jerman Pandita Nicolaas Philip Wilken yang pernah bertugas di Tomohon dan berhasil membangun 20 jemaat yang berada di sekitar pusat Kota Tomohon.

‘’Ya, ini untuk mengenang sejarah Pekabaran Injil sekaligus meningkatkan pendidikan, kepariwisataan dan budaya di Kota Tomohon,’’ ungkap Jimmy F Eman SE Ak CA, sebagai Ketua Panitia Pembangunan Gereja Wilken.

Baca Juga:
1 of 3.131

GMIM Wilken sendiri merupakan pemekaran GMIM Maranatha Paslaten dan saat ini terdiri dari 4 kolom. Dalam laporannya, Jimmy Eman mengatakan, peletakan batu pertama dilaksanakan pada 20 November 2011 oleh Pdt Roy D Tamaweol ThM yang waktu itu sebagai Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Hubungan Kerja Sama. Tahun 2016 sampai tahun 2019, gedung gereja ini sudah mulai digunakan untuk Ibadah Jemaat Maranatha setiap Minggu I bulan berjalan.

Proses Pemekaran Jemaat GMIM Wilken diawali dengan Keputusan Sidang Majelis Jemaat pada 6 Februari 2019 dengan Ketua Panitia Pnt Ir Johan Liempepas, di mana dalam sidang tersebut memutuskan kolom yang akan dimekarkan adalah Jemaat Kolom 28 dan Kolom 29 Jemaat GMIM Maranatha Paslaten.

Seluruh panitia bahkan jemaat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan. Secara geografis, Gereja ini sangat strategis karena terletak di pusat keramaian di Kota Tomohon.

Turut hadir, mewakili Gubernur Sulawesi Utara Kepala Dinas Perkebunan Daerah Sulut Ir Refly Ngantung Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J Sundah SE, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V Lolowang MSc MTh, Kakan Kemenag Tomohon Pdt Simon Rawis STh MPdK, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan undangan.

Sebagai Ketua Jemaat pertama, Pdt Johny J Palilingan MTh. Hadir juga pada pentahbisan dan peresmian, Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Ketua BPMW Tomohon Satu Pdt Julien Sagay-Karwur STh, Ketua BPMJ GMIM Maranatha Paslaten Pdt SantjeTangel-Tombeg STh,  Ketua BPMJ GMIM Wilken Pdt Johny J Palilingan MTh, Para Ketua BPMW dan BPMJ se- Rayon Tomohon. (ark)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.