Eman: Konsistensi Antara Perencanaan dan Penganggaran Kebutuhan Mutlak di Pemerintahan

Kegiatan Bapelitbangda Kota Tomohon lewat Video Conference
Kegiatan Bapelitbangda Kota Tomohon lewat Video Conference

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA mengungkapkan, konsistensi anara perencanaan dan penganggaran merupakan kebutuhan mutlak dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan penerapan perencanaan yang terintegrasi dengan penganggaran.

Oleh karena itu, implementasi rencana aksi tersebuyt memerlukan komitmen dan kesungguhan untuk segera melaksanakan dan secara konsisten menerapkannya dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran.

Hal itu dikatakan wali kota saat membuka kegiatan Teknis Penggunaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dan Percepatan Penginputan Dokumen Perencanaan RKPD 2021 ke dalam Aplikasi Simda Integrated oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) di Command Center Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon, Selasa (21/7/2020) dalam bentuk video conference.

Wali Kota Tomohon sendiri membuka kegiatan dari ruang kerjanya.

Pembangunan yang mensejahterakan adalah pembangunan yang dimulai dari perencanaan yang tepat sasaran. Pemerintah Kota Tomohon membutuhkan komitmen dari seluruh pihak dalam  penerapan SIPD dan Simda Integrated sebagai upaya mewujudkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas,’’ ujar Eman.

Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini antaranya mempercepat proses penginputan data perencanaan tahunan (RKPD 2021) sampai pada tahap perencanaan akhir lewat aplikasi Simda Integrated sehingga proses integrasi perencanaan Kota Tomohon ke SIPD Kemendagri bisa terlaksana.

Narasumber dalam kegiatan, Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Dalam Negeri Asmawa Tosepu AP MSi, Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Setya Nugraha, Sekda Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh.

Selain SKPD Pemkot Tomohon, kegiatan ini diikuti juga oleh Jajaran Kabupaten Tangerang Selatan (Tangsel), Kabupaten Sanggau, Kabupaten Musi Rawas serta Kota Baubau. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.