Bawaslu Sebut Keterlibatan ASN di Pilkada Tinggi

Bawaslu RI, Tomohon
Kunjungan Bawaslu RI di Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotodauy.co.id)— Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan Ratna Dewi Pettalolo melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Bawaslu Kota Tomohon, Senin (2/11) 2020.

Kesempatan itu, Pettalolo mengungkapkan, keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan Pilkada, masih santer dilakukan. Disebutkannya, hingga pekan pertama Bulan November saja, sudah ada 700 laporan dugaan pelanggaran netralitas ASN. Yang masuk meja kerja supervisor pesta demokrasi tersebut.

“Kerawanan soal netralitas ASN, jadi problematika penyelenggaraan Pilkada yang tiap tahun kita temui. Dari laporan yang masuk, hingga awal bulan ini saja, sudah ada 700 laporan dugaan pelanggaran netralitas ASN yang tengah kita tangani,” bebernya.

Bahkan, secara keseluruhan, Ratna bilang, mayoritas provinsi di Pulau Sulawesi. Masuk kategori lima besar nasional, penyumbang laporan pelanggaran netralitas ASN. Namun begitu, dirinya menuturkan, upaya pencegahan terus dioptimalkan Bawaslu, guna meminimalisir potensi terjadinya kasus pelanggaran.

“Sulut itu masuk lima besar. Pilkada lalu juga, wilayah Sulawesi juga masuk peringkat yang sama.  ia heran hal tersebut masih juga terjadi. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.