Mensos Juliari Batubara dan Gubernur Olly Kunjungi Balai Rehabilitasi Sosial Manado

Mensos Juliari Batubara
Menteri Sosial RI Juliari Batubara bersama istri dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas di BRSPDSN “Tumou Tou” di Kelurahan Pall IV, Kecamatan Tikala, Kota Manado.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Menteri Sosial RI Juliari Batubara, mengunjungi Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) “Tumou Tou” di Kelurahan Pall IV, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Senin (18/11/2019).

Kunjungan Mensos Juliari tersebut, turut didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Setibanya di balai rehabilitasi itu, Mensos Juliari dan Gubernur Olly meninjau sejumlah ruangan yang biasanya digunakan para penerima manfaat, diantaranya ruang terapi refleksi, ruang musik, dan rumah produksi kelompok kreatif tunanetra Manado.

Usai melakukan peninjauan, Mensos Juliari kemudian melakukan pertemuan dengan para penerima manfaat di Aula Balai Rehabilitasi Sosial tersebut.

Pada pertemuan itu, diawali laporan Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos, Edi Suharto. Menurutnya, jumlah masyarakat penerima manfaat di balai rehabilitasi itu sebanya 485.

“485 penerima manfaat ini tidak semua tinggal disini. Banyak yang hanya datang mengikuti pelatihan, namun setelah itu kembali ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Disampaikan Edi, untuk Balai Rehabilitasi Sosial Manado ini telah terakreditasi A. Selain menjadi tempat pelatihan bagi penyandang disabilitas, balai ini pula menjadi tempat praktikum mahasiswa.

“Para penyandang disabilitas yang datang disini, semuanya diberi pelatihan sehingga mereka punya keterampilan,” terangnya, sembari menambahkan, tujuan mereka dilatih yakni untuk juga meningkatkan fungsi sosial mereka.

Sementara Mensos Juliari dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerja pertamanya di Sulut ini, dirinya membawah istri tercinta, dan 3 Direktur Jenderal (Dirjen) Kemensos RI.

“Saya berterima kasih ke pak Gubernur dan jajaran yang sudah menerima dan menyambut kami dengan penuh kehangatan. Tentunya kami hadir ke sini dengan teman-teman dari Kemensos tidak hanya untuk jalan-jalan saja, tapi juga untuk melihat secara langsung Balai yang dikelola langsung oleh Kemensos,” ujarnya.

Disampaikan Mensos Juliari, dirinya berharap balai ini benar-benar bisa dimanfaatkan secara optimal. Apalagi sesuai harapan Presiden RI Joko Widodo, untuk memberi perhatian besar kepada seluruh rakyat Indonesia termasuk para penyandang disabilitas.

Disampaikan Mensos, dirinya bangga dengan balai rehabilitasi sosial ini. Untuk itu, dirinya berharap penerima manfaat mudah-mudahan benar-benar senang.

“Saya harap kalian (penerima manfaat) benar-benar happy. Saya yakin juga teman-teman yang bekerja disini juga bekerja dengan gembira bekerja dengan tulus, bekerja dengan ikhlas, bekerja dengan cinta. Bukan hanya bekerja karena ingin mendapatkan gaji,” ungkap Mensos Juliari.

“Saya titip sahabat-sahabat saudara-saudara kita menerima manfaat di sini benar-benar bisa kita berikan spirit motivasi supaya mereka tidak putus asa tetap semangat dan tetap melihat masa depan dengan penuh optimisme,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Mensos Juliari bersama istri dan Gubernur Olly, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para penyandang disabilitas.

Di akhir acara, Gubernur Olly mendapat surprise Ulang Tahun (Ultah) ke-58 dari Mensos dan jajarannya. Kejutan Ultah berupa kue yang dipegang Mensos Juliari.

Terlihat Gubernur meniup lilin dan selanjutnya memotong kue tersebut serta menyerahkan kepada penerima manfaat di balai itu. (ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.