Gubernur Olly Tinjau Proyek Pembangunan TPA Regional Mamitarang

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, TPA Sampah Regional Mamitarang, Wori Ilo-ilo,
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan sejumlah pejabat Pemprov Sulut, ketika meninjau proyek pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Mamitarang (Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Bitung), di  Desa Wori Ilo-ilo, Minahasa Utara, Senin (1/2/2021).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meninjau proyek pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Mamitarang (Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Bitung), di  Desa Wori Ilo-ilo, Minahasa Utara, Senin (1/2/2021).

Peninjauan turut didampingi Sekdaprov Edwin Silangen, Kadis PUPR Adolf H Tamengkel, Kadis Praskim Steve Kepel, Kadis Penanaman Modal dan PTSP Franky Manumpil, dan Staf Khusus Pdt Lucky Rumopa.

Menurut Olly, keberadaan TPA ini akan menjadi salah satu solusi penanganan sampah di Manado, bahkan Minahasa, Minut dan Bitung.

“Ini bukan tempat pembuangan sampah, tapi pengelolaan sampah yang akan diubah menjadi energi listrik,” ujarnya.

Dikatakan Olly, tak ada kendala dalam pelaksanaan proyek ini, sebab untuk anggaran berasal dari APBN yang dikucurkan dua tahap.

“Tahap pertama telah Rp124 miliar, tahap kedua juga Rp100-an miliar di tahun ini. Ini adalah proyek multi year,” jelasnya.

Lanjut Olly, Pemprov Sulut menyediakan lahan seluas12 hektare untuk pembangunan TPA tersebut.

“Lahan tidak ada masalah, karena sudah dibebaskan yang sebelumnya adalah HGU,” tuturnya.

Terkait target selesainya pembangunan, Olly menyatakan akan tuntas pada Desember 2021.

“Ditargetkan Desember 2021 ini sudah beroperasi,” tandasnya.

Sementara Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara Rus’an M. Nur Taib, optimis pelaksanaan proyek berjalan sesuai target.

“Progressnya sampai saat ini sesuai target, mudah-mudahan akhir tahun sudah selesai,” katanya. (ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.