Orangutan dan Badak Jawa Kembali Masuk Daftar Hewan Terancam Punah

Orangutan (foto: Wikipedia)

MANADOTODAY.CO.ID – World Wide Fund for Nature (WWF) kembali mengumumkan daftar hewan di dunia yang terancam punah termasuk diantaranya orangutan dan badak jawa.

Kepala WWF Tanya Steele mengatakan, peringatan tentang ancaman yang dihadapi alam harus terus disuarakan. Menurut dia, Bumi saat berada di bawah ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Alam saat dalam kondisi yang terancam dan kita harus mengambil tindakan sekarang jika kita ingin menyelamatkannya,”ungkap Tanya dikutip dari Mirror, Senin (3/5/2021).

Ia kemudian menyebut sejumlah hewan yang terancam punah yaitu penyu belimbing yang populasinya menurun antara 20 pesen sampai 98 persen sejak tahun 1970. Populasinya di pantai Tortuguero di Kosta Rika telah turun 84 persen.

Populasi gajah Afrika di Republik Afrika Tengah telah menurun hingga 98 persen serta sejumlah hewan lain di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, populasi orangutan Kalimantan telah menurun lebih dari 50 persen selama 60 tahun terakhir.

Dari tiga subspesies yang diketahui, orangutan di barat laut Kalimantan Barat yang paling terancam karena maraknya penebangan dan perburuan. Hanya 1.500 orangutan yang tersisa. Setidaknya ada 35.000 orangutan di Kalimantan Tengah.

Sementara badak jawa adalah yang paling terancam dari lima spesies badak, dengan hanya sekirar 60 yang tersisa di Taman Nasional Ujung Kulon di Jawa, Indonesia.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.