BMKG Himbau Masyarakat Waspada Potensi Terjadinya Gempa Berskala Besar

Dampak gempa dalam skala besar (foto: Pixabay)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar waspada akan potensi terjadinya gempa berskala besar.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut, dalam sebulan terakhir terjadi banyak kejadian gempa di sejumlah daerah di Indonesia. Ini menjadi tanda awas karena intensitas gempa meningkat.

“Selama Januari saja tercatat 85 kali mulai pesisir selatan Pulau Jawa, mulai dari Banten, Jabar, dan Jateng. Di bagian timur intensitas gempa juga meningkat di Lombok, Sumbawa, Sumba, hingga Sulawesi, mulai dari Sulbar, Sulteng, Gorontalo, hingga Laut Maluku,”ujar Karnawati seperti dilansir dari Tempo, Jumat (19/2/2021).

Ia menyebut, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jalur mitigasi harus disiapkan untuk mempermudah warga yang akan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman mengingat gempa besar tidak terjadi tiba-tiba.

Kewaspadaan tinggi juga berlaku bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir untuk berjaga-jaga jika terjadi gempa yang berpotensi menyebabkan tsunami.

“Meski begitu, masyarakat tidak usah panik, harus tetap tenang namun tetap membudayakan pengurangan risiko bencana sebagaimana anjuran pemerintah daerah melalui BPBD setempat,”tukas Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.(*/ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.