Ketua DPRD Minahasa, Rawung atau Kandouw ?

robby dondokambeyTONDANO, (manadotoday.co.id) – Dengan raihan 16 kursi dan didapuk sebagai partai pemenang Legislatif di Pemilu 2019, menjadikan PDIP sebagai partai yang paling berhak mendudukan kadernya di puncak pimpinan DPRD Minahasa periode 2019 – 2024 untuk kursi Ketua DPRD.

Menurut Ketua DPC PDIP Minahasa Robby Dondokambey S.Si MM, (RD) kepada manadotoday.co.id, sesuai aturan partai, DPC berhak mengusulkan dua orang calon yang di ambil di dalam pengurus inti DPC. Diketahui kedua nama tersebut masing-masing James Rawung SH dan Glady Kandouw yang kini menjabat sebagai Sekretaris dan Bendahara DPC PDI Minahasa.

“Awalnya kami mengusulkan satu nama. Namun karena ada aturan baru bahwa minimal DPC bisa mengusulkan dua nama ke DPP. Dan yang berhak adalah kader yang duduk sebagai pengurus ,” ujar RD, Senin (26/8/2019).
Dikatakan RD, DPP lah yang akan memutuskan siapa yang paling pantas menduduki kursi Ketua DPRD Minahasa, setelah melewati uji kelayakan dan kepatutan sesuai aturan partai. ” Nantinya DPP akan menilai dari berbagai hal atau kriteria, terutama sepak terjang dan ketokohannya serta faktor lainnya di kepartaian. Hal itulah yang akan mendasari ditetapkannya ketua DPRD ,” tutur RD.

Sementara itu dari informasi yang di himpun manadotoday.co.id, James Rawung SH yang kini masih menjabat ketua DPRD Minahasa periode 2014 – 2019, menjadi kandidat terkuat untuk menduduki kursi empuk DB 3 B periode 2019 – 2024.

Selain modal itu, Rawung juga di kenal sebagai kader yang sudah lama di PDIP, Rawung punya catatan baik selama memimpin DPRD Minahasa periode lalu. Dan info lainnya Rawung memiliki hubungan baik dengan Ketua DPC PDIP Minahasa bahkan Ketua DPD PDIP Sulut sekaligus Bendahara Umum DPP Olly Dondokambey.
Dibanding Kandouw yang baru periode ini menjadi anggota DPRD Minahasa, dan terbilang minim pengalaman di kepartaian, meskipun adik dari Steven O Kandouw yang adalah Wakil Ketua DPD PDIP Sulut. (rom)

Leave A Reply

Your email address will not be published.