Bupati Roring Kunjungi TPA Kabupaten Malang

TONDANO, (manadotoday.co.id) –    Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si IPU, mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang juga menjadi tempat Wisata. Roring didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang, Ir Budi Iswoyo MT, Jumat (6/12/2019).

Dalam kunjungan tersebut Bupati Minahasa diajak melihat langsung kondisi TPA, dimana sampah merupakan salah satu permasalahan yang patut untuk diperhatikan. Sampah juga merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia, karena pada dasarnya setiap aktivitas manusia hampir selalu menghasilkan sampah.

Untuk menanggulangi pemasalahan sampah yang terjadi di kawasan Kabupaten Malang dan sekitarnya, maka dibangunlah Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dimana fungsi TPA bukan hanya sebagai tempat penampungan sampah akhir saja, tetapi juga menjadi salah satu tempat wisata edukasional di Indonesia, yang juga merupakan salah satu sumber PAD di Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang menyampaikan dimana pemanfaatan sampah harus diprioritaskan sebelum terjadinya pencemaran lingkungan yang mengganggu kesehatan masyarakat. Sebagai usaha meminimalisir dampak negative yang ditimbulkan dari keberadaan TPA ini adalah pemanfaatan limbah sampah untuk dijadikan biogas, kompos dan lain sebagainya. (rom)

Leave A Reply

Your email address will not be published.