Bupati Minahasa Deklarasikan 5 Pilar STBM Menuju Desa Sehat di Kawangkoan Utara

ROR
Bupati ROR saat menyampaikan sambutan di Ibadah syukur HUT ke-7 GMIM Liba Wilayah Tumompaso. (Ist)

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si IPU Asean Eng melakukan Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Gedung Gereja GMIM Zaitun Kiawa , Kamis (3/12/2020).
Bupati Minahasa didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos. Kegiatan deklarasi ini dirangkaikan dengan Safari Natal Pemerintah Kabupaten Minahasa, Kecamatan Kawangkoan Utara.

KPU TOMOHON

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan tanpa terasa sudah hampir sembilan bulan berada di masa pandemi virus korona (Covid-19). “Torang beking natal pun tidak biasanya, tetapi tetap bersyukur 9 bulan masih dalam pernyertaan Tuhan dan masih tetap dituntun dan dijaga melewati masa-masa sulit,” katanya.

Tetapi di tengah masa pandemi ini, dia menambahkan semua harus bersyukur, sebab Tuhan menghadirkan pemimpin pemimpin yang peduli, Tuhan menghadirkan para pengambil kebijakan yang betul betul memperhatikan rakyat.

BAWASLU TOMOHON

Program program dalam rangka mengatasi pandemi, berkat sinergi yang kuat antara Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan pusat sehinga berbagai bantuan bisa dihadirkan untuk rakyat Minahasa. BLT di Minahasa ada 20.831, BST dari 17000 berkembang sampai 35.274 ditambah lagi dengan PKH 11.787, BPNT 8311, ada juga bantuan mikro yang bisa mencapi 27.983, jadi penerima bantuan ada sekitar 106.000.

“Ini adalah program program yang sinergi, karena sinergi ini Minahasa banyak mendapat berkat. Untuk itu dalam rangka menopang program pemerintah kedepan baik nasional, provinsi maupun kabupaten, mari tetap satu visi, punya visi bersama membangun Minahasa, Provinsi dan Pusat,” jelas Bupati ROR.

Dalam kesempatan itu, Bupati Minahasa menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten minahasa serta pribadi dan keluarga Roring-Lumanauw dan Wakil Bupati Minahasa Dan keluarga Dondokambey-Lengkong menyampaikan selamat merayakan natal Yesus Kristus tahun 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan.
Ibadah dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan Khadim dalam ibadah ini Pdt. Novri Kolibu , MTh selaku Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIM Zaitun Kiawa Kawangkoan Utara.
Dalam ibadah ini juga diserahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa kepada lansia, penyandang disabilitas berupa Diakonia Natal dan Sembako, dan Penerima Insentif bagi para hamba-hamba Tuhan.

Setelah Ibadah Bupati ROR mendeklarasikan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM Untuk meraih status Desa Sehat dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Maka setiap desa harus mencapai lima pilar.
Kelima pilar STBM tersebut adalah tidak buang air di sembarang tempat, selalu mencuci tangan pakai sabun, pengelolaan air dan makanan yang aman, pengelolaan sampah dengan benar, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga yang aman. Turut mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala, M.Si Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, keuangan dan pembangunan Drs. Jorry Gumansing, Staf Ahli Yeittji Roring, Kadis Kesehatan dr. Maya Rambitan,M.Kes, Kadis BPBD Novry Lontaan, Kadis Sosial Drs. John Kapoh, Kadis Pertanian DR. Ir. Margaretha Ratulangi, Anggota DPRD Sharma Palar, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Maya Kainde, SH, MAP, Kabag Kesra Dra. Meitha Aguw, Camat Kawangkoan Utara, Fabian Mendur, para Hukum Tua, Pimpinan golongan agama antar denominasi Gereja dan Para penerima bantuan. (rom)

Leave A Reply

Your email address will not be published.