Buka Musrenbang RKPD Tahun 2022, ROR Berharap Mengacu pada Program Prioritas

Minahasa, Musrenbang, Roy Octavian Roring
Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2022

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Bupati Minahasa Dr Ir Royke Oktavian Roring MSi berharap Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa tahun 2022 mengacu pada program prioritas Pemerintah Kabupaten Minahasa yang mengacu pada program prioritas pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Pusat.

Hal itu dikatakan bupati saat memberikan sambutan pada pembukaan Musyawarah Rencana Pembengunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kabupaten Minahasa tahun 2022 di Moy Convention Center Tondano Rabu (31/3/2021).

Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2022 itu sendiri diberi tema ‘’Pemantapan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata untuk mendukung pemerataan pembangunan wilayah’’.

Menurut bupati, Musrenbang RKPD sebagai salah satu tahapan untuk penyusunan RKPD yang kelak menjadi acuan untuk penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

‘’Saya berharap melalui Musrenbang ini bisa menghasilkan output sebagai rumusan untuk penyempurnaan RKPD untuk menyelaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi Sulawesi Utara dan nasional,’’ tandas bupati.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Minahasa Philips Gerald Siwu SE melalui Kepala Bidang Maxie Korengkeng mengatakan, Musrenbang RKPD yang dilaksanakan ini bertujuan menampung masukan dan usulan dari para stakeholders untuk penajaman, penyelerasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang nantinya dituangkan dalam RKPD tahun 2022.

Kemudian, akan menjadi bahan untuk penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA)/Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Minahasa tahun 2022.

Sebelum Musrenbang RKPD, telah dilalui beberapa tahapan, yakni Musrenbang Desa selang Oktober-Desember 2020 dan Musrenbang Kelurahan pada 20 hingga 28 Januari 2021.

Tahapan selanjutnya adalah orientasi penyusunan RKPD pada 20 Januari 2021, kemudian Musrenbang Kecamatan selang 17-26 Februari 2021, Forum Konsultrasi Publik 15 Februari 2021 serta Forum Perangkat Daerah pada 25 dan 26 Maret 2021.

Hadir pada Musrenbang RKPD Kabupaten Minbahasa tahun 2022 Wakil Bupati Minahasa Dr Robby Dondokambey SSi MM, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa  Stecy Runtu dan Denny Kalangi, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman SH MKn, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova Sasube SH MH, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut Aldrin Anis, Direktur Regional II Bappenas RI, Direktur perencanaan, evaluasi dan informasi pembangunan daerah Ditjen Bina pembangunan daerah, Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, akademisi, tokoh masyarakat, organisasi profesi dan unnsur lainnya. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.