Warga Wasian Dimembe Dibekali Pengetahuan Pembuatan Minuman Jewa

Wasian, Jewa, Unsrat
Pelatihan pembuatan minuman Jewa kepada masyarakat Desa Wasian

MINUT, (manadotoday.co.id)—Sulawesi Utara memiliki kekayaan khas daerah yang bias memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Salah satunya minuman khas Desa Wasian Kecamatan Dimember Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yakni Jewa.

Hanya saja, hingga saat ini masih cara pembuatan dan bahan baku yang berhubungan dengan kesehatan masih menjadi kendala. Untuk itu, perlu ada pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat soal potensi desa ini.

Untuk itu, pelaksana pengabdian pada masyarakat Universitas Samratulangi (Unsrat) yang diketuai Dr Djurwati Soepeno SE MM dengan anggota Jessy J Pondaag SE MSi pada 25 Oktober 2020 memberikan pelatihan kepada PKM Desa Wasian Kecamatan Dimembe Kabupaten Minut.

Wasian, Jewa, Minahasa Utara, Unsrat
Pemateri sementara memperagakan cara pembuatan Minuman Jewa

Tujuan pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan kepada sebagian  masyarakat Desa Wasian yang belum mengetahui bagaimana cara membuat minuman kesehatan yang diberi nama Jewa untuk membantu menambah pendapatan dalam keluarga.

Sementara pemateri atau narasumber adalah Stien Rotinsulu-Lilir dari PKK Desa Wasian. Usai materi langsug dengan praktek. Bahan baku minuman Jewa itu sendiri adalah Bawang Putih, Jeruk Nipis dan Jahe.

‘’Saat ini, masyarakat dihadapkan pada pilihan pada berbagai produk kesehatan yang sesuai dengan kandungan gizi dan selera yang dibutuhkan. Akan tetapi komposisi bahan, selera, rasa, sampai biaya yang dikeluarkan pun patut diperhitungkan. Inilah yang memberikan tantangan dan peluang untuk memberikan inovasi baru terhadap produk minuman yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan gizi yang diperlukan masyarakat,’’ kata Dr Djurwati Soepeno SE MM dengan anggota Jessy J Pondaag SE MSi. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.