Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan dan Forkopimda Capai 57 Persen

Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr Helny Ratuliu

RATAHAN ,(manadotoday.co.id) – Sejak dilauching pada Senin (1/2/2021), vaksinasi covid-19 di Kabupaten Mitra sudah dilakukan kepada sekira 371 tenaga kesehatan dan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah). Dengan demikian, cakupan vaksinasi Covid-19 hingga 4 Februari 2021 sudah sekira  57 persen, dari sasaran jumlah tenaga kesehatan dan Forkopimda 640 orang.

“Sekitar 371 tenaga kesehatan dan Forkopimda dari jumlah 640 yang menjadi sasaran sudah berhasil divaksin dengan cakupan 57 persen,” ungkap Helny Ratuliu, Kamis (4/2/2021).

Proses vaksinasi dilakukan di 13 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit. Sementara jumlah sasaran penerima vaksin terbesar ada di RSUD Ratatotok Buyat dengan 155 orang dan hingga hari ini total 109 telah divaksin dengan cakupan 70,32 persen. Kemudian diikuti RSUD Mitra Sehat dengan jumlah sasaran sebesar 116 orang dan hingga hari ini total 67 orang dengan cakupan 57,76 persen.

Sedangkan cakupan vaksinasi tertinggi hingga pelaksanaan vaksinasi pada hari keempat ada di PKM Molompar Belang dengan cakupan 91,30 persen, namun dengan jumlah sasaran yang lumayan kecil atau hanya 23 orang dengan total 21 telah divaksin.

“Masyarakat tidak perlu takut jika nanti harus divaksin, sebab vaksin aman dan halal sebab dirinya sendiri juga menjadi salah satu yang telah divaksin dan memastikan hingga saat ini tidak merasakan gangguan apapun.,” kata Helny Ratuliu.

Walau demikian, dirinya mengingatkan bahwa vaksinasi bukanlah satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Penerapan disiplin protokol kesehatan dalam setiap aktivitas juga merupakan salah satu upaya penting memutus mata rantai Virus Corona. Terus terapkan protokol kesehatan dengan melakukan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tutupnya.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.