Sukseskan Pilkada, Mokosolang: Hukum Tua Harus Proaktif Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Arnold Mokosolang

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Arnold Mokosolang mangatakan, pemerintah dan aparat desa harus proaktif mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut pada 9 Desember 2020.

KPU TOMOHON

Dikatakan Mokosolang, dalam berbagai kesempatan,  dirinya selalu mengimbau agar hukum tua dan aparatnya turut menyukseskan Pilkada Serentak 2020. Suksesnya pesta demokrasi ini bukan semata-mata tugas dari penyelenggara sendiri, melainkan stakeholder lain termasuk pihak pemerintah.

“Kami selalu berkoordinasi dengan para hukum tua agar terus menyosialisasikan kepada warga untuk menggunakan hak pilihnya pada Rabu 9 Desember 2020,” kata Arnold Mokosolang.

BAWASLU TOMOHON

Sebab menurutnya, momen ini adalah pesta seluruh rakyat Indonesia, lebih khusus Sulawesi Utara, di mana Mitra menjadi bagian di dalamnya.

“Ini momen untuk menentukan masa depan daerah. Makanya warga kami imbau jangan hanya jadi penonton dan mari berpartisipasi sukseskan Pilkada serentak. Warga juga tidak perlu takut datang ke TPS, sebab penyelenggara telah menjamin Pilkada aman dan sehat,” katanya.

Ia bahkan telah meminta hukum tua dan aparatnya untuk proaktif dalam memberikan pemahaman bagi masyarakat agar memberikan suaranya pada 9 Desember nanti. Sebab, salah satu kendala yang sering dialami adalah kurangnya pemahaman akan pentingnya Pilkada ini sehingga sering membuat warga masa bodoh.

Seperti yang terjadi di Mitra yang mayoritas penduduknya merupakan petani dan nelayan, mereka lebih memilih ke kebun atau melaut dari pada ke TPS dan memberikan pilihannya.

“Makanya kami secara khusus meminta kepala jaga, kalau perlu jemput bola. Jadi kunjungi secara langsung setiap masyarakatnya, terutama mereka yang masih terkesan masa bodoh. Beri pemahaman dan ajak ke TPS. Sebab mereka (pala,red) yang paling mengenal karakter warga di wilayah masing-masing,” pungkasnya.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.