Pesta Demokrasi Resmi Diluncurkan, Dotulong: KPU Mitra Siap Laksanakan Tahapan Pemilu

Pesta Demokrasi Resmi Diluncurkan, Dotulong: KPU Mitra Siap Laksanakan Tahapan Pemilu

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi meluncurkan tahapan Pemillu Umum (Pemilu) 2024 secara nasional, Selasa (14/6/2022).

Dengan resmi diluncurkannya pesta demokrasi lima tahunan tersebut, KPU Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) siap melaksanakan tahapan yang ada.

“Pada Selasa, 14 Juni 2022, kalau dihitung dari hari pemungutan suara, hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara, konstitusi dan mandat undang-undang mengamanatkan dimulainya tahapan Pemilu 2024,” kata Ketua KPU Minahasa Tenggara Wolter Dotulong, Selasa (14/6/2022).

Dotulong menjelaskan, mengacu pada UU No. 7 tahun 2017 pasal 167 ayat 6, tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari H, dan agenda nasional pesta demokrasi 2024 sudah ditetapkan, dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024.

“Dan ini juga sudah diatur dengan PKPU nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal Pemilu 2024,” katanya.

Lebih lanjut kata Dotulong, dengan dimulainya proses ini, pihaknya segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan tahapan, dan jadwal Pemilu.

“Saat ini kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan tahapan maupun jadwalnya. Dengan memanfaatkan ruang media sosial,” ujarnya.

Ia berharap, para pihak terkait di Kabupaten Minahasa Tenggara, serta seluruh masyarakat dapat memberikan dukungan untuk menyukseskan Pemilu.

“Dan yang paling penting, bersama kita jadikan Pemilu kali ini lebih berkualitas dari penyelenggaraan sebelum-sebelumnya,” tandasnya.

Sementara itu dalam peluncuran tahapan Pemilu yang dilaksanakan secara virtual di Kantor KPU Minahasa Tenggara, selain dihadiri seluruh komisioner, dan jajaran sekretariat, turut hadir juga Bawaslu Mitra dan perwakilan partai politik.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.