Peringati Kesaktian Pancasila, Lalandos: Jumat Besok Masyarakat Kibarkan Benderah Merah Putih

Sekda David Lalandos

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Peringatan hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada Jumat (1/10/2021) besok, Pemkab Mitra melalui Sekretaris Daerah David Lalandos AP.MM menghimbau seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih.

Hal ini menurut Sekda sebagaimana tertuang
tertuang dalam surat edaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Nomor 420/2229/pendidikan tanggal 20 September 2021 yang ditandatangani dia sendiri.

Edaran ini menindaklanjuti surat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia nomor 64262/MPK.F/TU.02.03/2021 tanggal 22 September Tahun 2021, perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021.

“Setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah dan seluruh komponen masyarakat Indonesia, pada tanggal 30 September 2021, wajib mengibarkan bendera merah putih setengah tiang mulai pukul 06.00 wita hingga 18.00 wita,” ungkap Sekretaris Daera David Lalandos mengutip surat edaran tersebut.

Pada hari yang sama, masyarakat juga dapat mendengarkan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui kanal media massa (televisi, radio dan media daring).

Adapun pengibaran bendera merah putih satu tiang penuh nanti dilakukan pada Hari Kesaktian Pancasila atau 1 Oktober 2021.

“Setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah dan Seluruh Komponen Masyarakat Indonesia, pada tanggal 1 Oktober 2021, mulai pukul 06.00 hingga 18.00 Wita, mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh,” bunyi salah satu poin dalam surat edaran tersebut.

Sedangkan khusus bagi jajaran Pemkab Mitra, pada tanggal 1 Oktober 2021, setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah Wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wita.

Khusus Pejabat Essalon Il dan Pejabat Essalon Ilb mengikuti kegiatan upacara di halaman kantor DPRD sedangkan Sekretaris Perangkat Daerah, Essalon IV, staf, dan THL menyaksikan upacara di kantor masing- masing melalui kanal youtube yang alamat linknya akan dibagikan lewat Grup WhatsApp.

Selanjutnya setiap Pejabat Essalon II pakaian PSL, sementara Pejabat Essalon III, Essalon IV dan staf pakaian KORPRI.

Jajaran Pemkab Mitra juga diwajibkan mengambil daftar hadir yang ikut upacara dan dikirim ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa Tenggara.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.