Penguatan Kapasitas APIP, KPK Latih Khusus Auditor Inspektur Mitra

Penguatan Kapasitas APIP, KPK Latih Khusus Auditor Inspektur MitraMANADO, (manadotoday.­co.id) – Dalam rangka penguatan Kapasitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) lakukan kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam kerjasama tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara khusus memberikan pelatihan kepada auditor Inspektorat Minahasa Tenggara, khusunya dalam perolehan informasi dan data.

“Kami bekerja sama dengan KPK untuk peningkatan kapasitas para auditor di Inspektorat Minahasa Tenggara, khususnya dalam perolehan informasi, dan data tertutup,” kata Inspektur Minahasa Tenggara David Lalandos AP.MM, Senin (28/10/2019).

Ia mengungkapkan, pelatihan yang diperoleh para auditor tersebut, menitik beratkan pada audit investigasi yang nantinya akan dilakukan pada saat pemeriksaan di daerah.

“Jadi fokus mereka akan lebih pada audit investigasi. Jadi mereka akan dibekali dengan materi dan kemampuan khusus dalam melakukan investigasi,” ujarnya.

Lebih lanjut kata David, selain mendapatkan materi, para peserta juga akan mendapatkan pelatihan lapangan terkait investigasi.

“Mereka juga dapat pelatihan bagaimana melakukan investigasi di lapangan. Jadi tidak hanya teori saja,” katanya.

Sementara itu David mengungkapkan, ketiga pemateri tersebut merupakan penyidik KPK, yang telah berpengalaman dalam audit investigasi dari lembaga anti rasuah tersebut.

“Mereka juga membagikan pengalaman mereka saat melakukan investigasi di lapangan, dan berhasil melakukan berbagai operasi tangkap tangan,” tandasnya.

Para peserta pelatihan terdiri 21 auditor, 8 pejabat Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (PD2UPD), Inspektur Pembantu (Irban), dan pejabat struktural inspektorat.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.