Pemprov Sulut Tetapkan Kabupaten Mitra Jadi Pilot Project Pemerintahan

RATAHAN, (mamadotoday­.co.id) – Suatu daerah yang memiliki tata kelola yang bagus di sejumlah sektor, baik dari sisi pembangunan, masyarakat, politik dan pemerintahan, patut dijadikan daerah percontohan.

Seperti halnya Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati (Wabup) Drs Jesaja J.O Legi, dinilai sukses dalam mengatur tata kelola di sejumlah indikator tersebut.

Dikatakan Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesabngpol) Provinsi Sulut Evans Steven Liow, Rabu (15/7/2020), Kabupaten Mitra telah ditetapkan menjadi pilot project di bidang kepemerintahan.

“Sudah kita tetapkan Kabupaten Mitra sebagai pilot project bidang pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Selain itu, situasi menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020, Mitra yang paling kondusif setelah dilakukan survei lapangan,” beber Liow.

Menurutnya, keputusan ini telah dievaluasi berdasarkan beberapa parameter yang ada.

“Kalau di Minahasa Selatan (Minsel) kita nobatkan sebagai pelaksanaan Pilkada paling kondusif. Parameter di Mitra yakni dilihat dari situasi masyarakat yang kondusif, komunikasi politik yang baik dan ada kultur yang terus terjaga di wilayah ini,” pungkasnya.

Baca Juga:
1 of 1.174

Dikatakan Liow, prestasi ini harus dipertahankan kaerna nantinya bisa menjadi modal besar apa yang dibawah JS-JL selama ini.

“Capaian saat ini sangat luar biasa, dan juga peran Kesbangpol intelejen di Mitra juga sangat proaktif bersama pimpinan. Dilihat juga dari keaktifan pimpinan dalam membeirkan arahan, seperti masalah tambang, seperti apa langkah penanganannya secara persuasif di tengah masyarakat,” terangnya.

Ia juga menitipkan, agar dana Pemilu yang dikucurkan agar dikawal oleh Kesangpol dan dikelola sebaik mungkin.

“Disarankan untuk intens menggelar forum diskusi, yang didalamnya melibatkan pengurus partai, fokompimda dan masayrakat. Intinya semua alur jalannya dana partai harus dilakukan secara transparan dan tetap kondusif,” jelas Liow.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Mitra Phebe Punuindoong mengatakan, pihaknya menyatakan siap bila Mitra ditetapkan sebagai pilot project.

“Kita siap bilapun sudah ditetapkan seperti itu dalam hal pemerintahan. Untuk itu, apa yang menjadi capaian selama ini baik masalah pemerintahan yang berjalan baik, situasi masyarakat yang tetap kondusif dan berpolitik di Mitra tetap aman pihaknya memberikan apresiasi tinggi dalam hal ini,” kunci Punuindoong. (ten)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.