Pemkab Mitra Kembangkan Potensi Unggulan Daerah

Pemkab Mitra Kembangkan Potensi Unggulan Daerah

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemeritah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Sosialisasi Pengembangan Potensi Unggulan Daerah.

KPU TOMOHON

Kepala DPMPTSP Mitra Hans Mokat mengatakan, dilaksanakannya kegiatan yang melibatkan pelaku usaha dan pemerintah daerah tersebut untuk mengidentifikasi dan mengukur potensi unggulan daerah yang berbasis hasil pertanian, perikanan, kelautan dan pariwisata serta mengukur kemungkinan pengembangan produksi unggulan.

“Selain itu juga untuk memberikan arahan orientasi pasar produksi unggulan daerah,” ujar Hans Mokat, baru-baru ini.

BAWASLU TOMOHON

Adapun tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut lanjutnya, adalah untuk mengidentifikasi potensi daerah yang ada di Kabupaten Mitra

“Untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan pengembangan potensi, dan produk unggulan di Mitra. Untuk mengetahui pasar produksi unggulan Mitra, serta memberikan arahan pengembangan potensi dan produk unggulan daerah,” jelasnya

Tambah dia, perlu disadari bahwa pemilihan sektor unggulan tidak semata-mata untuk tampil beda menurut ragam, karakteristik daerah, tetapi terutama menjadi strategi akselerasi pembangunan daerah.

“Dalam identifikasi sektor unggulan perlu memperhatikan enam hal yakni keterkaitan tingkatan pembangunan, antar sektor, kontribusi terhadap sektor atau struktur ekonomi, penyerapan tenaga kerja, daya dukung SDM dan Teknologi, dan pertimbangan strategis non ekonomi,” tandasnya. (ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.