Pemkab Mitra Intens Lakukan Rapid Test ASN dan THL

Baru-baru ini dilakukan tes cepat terhadap tiga Instansi di lingkup Pemkab Mitra

Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr Helny Ratuliu

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Dinas Kesehatan intens lakukan rapid test bagi seluruh ASN maupun THL yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)

Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr Helny Ratuliu mengatakan, baru-baru ini pihaknya melakukan tes cepat terhadap tiga Instansi di lingkup Pemkab Mitra.

“Jadi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) secara berkala harus di Rapid Test, terutama instansi pelayanan masyarakat,” ungkap Helny Ratuliu, Minggu (25/10/2020).

Diungkapkannya, seperti rapid test di tiga instansi, yakni Dinas Dukcapil, Dinas Kominfo, dan Sekretariat DPRD Mitra, rata-rata memiliki hasil non reaktif.

“Kecuali dua yang di DPRD, mereka menunjukkan hasil reaktif,” tuturnya.

Seiring dengan adanya hasil reaktif tersebut, pihaknya langsung menindaklanjutinya dengan melakukan pengambilan Swab Tenggorok terhadap para penghuni gedung dewan.

“ASN maupun THL (Tenaga Harian Lepas, red), bahkan anggota DPRD sudah dilakukan pengambilan Swab Tenggorok sejak pekan lalu,” kata Helny Ratuliu.

Ditambahkannya, hal ini memang harus dilakukan sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 di setiap instansi pemerintah sehingga ketika ada indikasi reaktif dalam rapid test, akan segera ditindaklanjuti dengan pengambilan Swab.

Walau demikian diakuinya, ketersedian Viral Transport Media (VTM) sebagai media untuk membawa spesimen sampel lendir hidung dan tenggorokan pasien untuk uji Swab Tenggorok masih terbatas.

“Untuk saat ini kita fokus kepada mereka yang menunjukkan indikasi. Sebab kita di Mitra masih kekurangan VTM. Kalau untuk stok Rapid Test masih cukup hingga tiga bulan ke depan,” pungkasnya.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.