Pemkab Maybrat Papua Barat Belajar Tata Kelola Pemerintahan dan Keuangan di Mitra

Pemkab Maybrat Papua Barat Belajar Tata Kelola Pemerintahan dan Keuangan di Mitra

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Maybrat, Papua Barat, menggelar kunjungan kerja di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Rombongan yang dipimpin langsung Bupati Bernhard Rondonuwu diterima langsung Bupati James Sumendap SH.MH di Kantor Bupati Mitra, Jumat (18/11/2022).

Pada kesempatan itu Bupati Bernhard Rondonuwu mengatakan, daerahnya ingin belajar banyak dari Bupati James Sumendap karena dengan program-program dan inovasi yang luar biasa hingga Pemkab Mitra mendulang banyak prestasi.

“Meski kunjungan ini hanya singkat namun kami sudah bisa banyak belajar kepada Pak Bupati,”kata Bupati Bernhard .

“Kabupaten Maybart ingin belajar tentang pengelolaan keuangan dan tata kelola pemerintahan yang ada di Kabupaten Mitra yang telah dilakukan Bupati Sumendap dalam kurun sembilan tahun kepemimpinannya.,” ujar Rondonuwu.

Selain itu katanya pihaknya juga akan menindaklanjuti hasil kunjungan ini dengan mengirimkan para pejabat terkait yang secara khusus memperdalam terkait pengelolaan keuangan daerah.

“Termasuk dalam penyediaan program bantuan sosial kemasyarakatan. Seperti pemberian dana duka bagi masyarakat,” ujarnya.

Rondonuwu menambahkan, salah satu hal yang menjadi perhatian yakni penyelesaian hak ulayat yang nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Maybrat.

Sementara itu Bupati James Sumendap mengungkapkan, untuk membangun daerah perlu ada komitmen dari semua pihak.

“Harus ada dukungan serta komitmen dari semua pihak. Kami juga bersama DPRD mempunyai komitmen untuk melahirkan kebijakan yang bertujuan untuk kepentingan rakyat dan daerah,” ujarnya.

Berkaitan dengan tata kelola pemerintah menurut Sumendap, perlu ada kesadaran dan disiplin yang kuat dari seluruh jajaran untuk melaksanakan tanggung jawab kerjanya.

Selain itu ia mengungkapkan, Pemkab Mitra juga memberikan perhatian terhadap kesejahteraan para ASN dengan memberikan tunjangan kinerja daerah yang memadai.

“Salah satunya juga mewajibkan para pegawai untuk tinggal di Minahasa Tenggara. Selain itu dengan menghadirkan Pemerintahan yang bersih, bebas korupsi,” ujarnya.

Sumendap menambahkan, pihak Pemkab Minahasa Tenggara siap berbagi ilmu kepada Pemkab Maybrat dalam mewujudkan pengelolaan pemerintahan dan keuangan yang lebih baik.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.