Dinas Ketahanan Pangan Mitra Terus Kembangkan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari

Kawasan Rumah Pangan Lestari, program KRPL, Dinas Ketahanan Pangan, Mochtar Wantasen,
Mochtar Wantasen

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Ketahanan Pangan terus mengembangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mochtar Wantasen, IKabupaten Mitra ada ketambahan empat kelompok KPRL di tahun 2019.

“Ya, kita ketambahan 4 kelompok terdiri dari 30 anggota. Disitu mereka bisa melakukan pemanfaatan lahan pekarangan dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).” ujar Wantasen

Baca Juga:
1 of 1.173

Lanjut dia mengatakan, kelompok RKPL ini mendapat dana hibah sebasar Rp 50 juta perkelompok, khusus kelompok baru,

“Sementara lima kelompok lanjutan di tahun 2018 hanya diberikan oprasional dan bibit beni, agar program RKPL ini terus jalan. Dan pekarangan rumah dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat, karena berbagai jenis tanaman dapat ditanam terutama tanaman lokal. Supaya kebutuhan pokok seperti beras ini kehabisan, tapi kebutah konsumsi masyarakat bisa tergantikan dengan makan lokal.”terangnya

Ia berharap dengan adanya KRPL kebutuhan pangan, terutama di tingkat rumah tangga, dapat tercukupi.

“Saya berharap dengan adanya bantuan ini, kebutuhan pangan masyarakat bisa tercekupi. Dan kita harus mengajak masyarakat mengoptimalkan lahan pekarangan yang ada. Di lahan sempit pun bisa bertani dan bercocok tanam, seperti slogan pertanian, Sejingkal tanah adalah kehidupan.”tutupnya (ten)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.