Bentuk Kampung Tangguh, Kapolres Robby: Ini Merangsang Produksi Ekonomi Masyarakat Mitra

Bentuk Kampung Tangguh, Kapolres RobbyRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Polres Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) jadikan Desa Rasi, Kecamatan Ratahan, menjadi desa percontohan Kampung Tangguh.

Terpantau, dalam kegiatan yang menjadi program Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), diantaranya Wakil Bupati Mitra Jesaja Legi, Camat Ratahan Novry Raco, dan undangan lainnya.

KPU TOMOHON

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penanaman tanaman vanili dan jagung, serta peninjauan beberapa lokasi lain yang telah ditanami tanaman lain yang berguna, seperti kacang.

Dikatakan Kapolres Mitra AKBP Robby Rahardian, tujuan pembentukan kampung tangguh adalah untuk merangsang warga desa untuk bisa mandiri, baik dari segi perekonomian, kesejahteraan, maupun keamanannya.

“Jadi kami fasilitasi dan ajarkan bagaimana caranya agar mereka bisa melakukan itu sendiri, dari mulai penanaman, untuk apa itu dilakukan, katakan untuk kehidupannya, seperti menanam jagung dan vanili. Kami berharap ini dapat merangsang produksi ekonomi di masyarakat,” ungkap AKBP Robby Rahardian.

BAWASLU TOMOHON

Dikatakannya, untuk saat ini baru tanaman jagung dan vanili yang ditanam, namun ke depan akan dikembangkan dengan tanaman lainnya yang cocok di daerah tersebut.

Sementara terkait total luas lahan yang ditanami masih akan didata karena yang ada saat ini baru satu atau dua hektar.

“Jadi kami cek dulu tanah negara yang ada apakah bisa ditanami oleh masyarakat dan kegunaannya juga untuk masyarakat. Tapi kepemilikan lahan tetap milik negara dan suatu saat negara butuh bisa ditarik kembali,” pungkasnya.

Ditambahkannya, ke depan jika memang ada prospek bisnis yang menjanjikan di sektor pertanian, pihaknya akan menyampaikan ke masyarakat.

“Dipilihnya Desa Rasi karena mereka sudah siap dan ini baru awal. Saya juga sudah menginstruksikan Kapolsek untuk kerja sama dengan camat dan hukum tua untuk buat sama dengan apa yang saya buat di Desa Rasi,” tutupnya.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.