Tingkatkan Kapasitas dan SDM, Pemdes Tokin Laksanakan Pelatihan Bagi Perangkat Desa

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Tokin Kecamatan Motoling Timur (ist)

AMURANG, (manadotoday.co. id) – Untuk meningkatkan Kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjalankan tugas, polok dan fungsi Pemerintah Desa Tokin, Kecamatan Motoling Timur, melaksanakan pelatihan bagi Perangkat Desa.

Pejabat Hukum Tua Desa Tokin Mitchuriyn Kaligis menyampaikan pelatihan
sangat perlu dilakukan, karena dibutuhkan SDM yang tangguh dan mampu menjalankan roda Pemerintahan Desa.

“Ya, akhir pekan kemarin dilaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas PraDes terkait BUMDes, E-Governmant dan Pelayanan Publik,” ujar Kaligis.

Ia berharap pelatihan dalam rangka peningkatan Kapasitas terkait fungsi Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ), Pemerintahan elektronik atau e-Government dan pelayanan publik, serta tugas dan fungsi Perangkat Desa sebagaimana diatur dalam ketentuan dan UU, dapat diaplikasikan dalam menjalankan tugas terlebih membantu terciptanya keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Dan perlu dipahami terkait mekanisme pelaksanaan program Dana Desa bersumber dari APBN yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, bukan hanya sebatas pada kegiatan fisik atau infrastruktur,namun juga peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) harus terus dilakukan. Salah satunya adalah pelatihan peningkatan dalam rangka peningkatan kapasitas,” tukasnya.

Sementara itu Camat Motoling Timur Sultje Mamarimbing, pada kesempatan tersebut berharap pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur pemerintah akan berdampak positif terhadap tata kelolah pemerintahan dan pembangunan desa.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja Aparatur Desa, ” kata Mamarimbing.

Staf Khusus Bupati, Hangga Sariowan SH, menjelaskan, kegiatan ini dikhususkan untuk Prades agar Aparatur Pemerintah Desa dapat memahami tugas, fungsi, hak dan kewenangan dan kewajiban, tanggungjawab dan larangan dari masing- masing lembaga desa tersebut.

“Dengan adanya pelatihan ini Perangkat Desa diharapkan lebih memahami bagaimana manajemen administrasi desa yang baik, mengetahui tentang kebijakan umum program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa, ” tukasnya. (lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.