Sambut HUT ke-77 Proklamasi RI, Kecamatan Kumelembuai Laksanakan Ordekiur

Sambut HUT ke-77 Proklamasi RI, Kecamatan Kumelembuai Laksanakan Ordekiur

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kecamatan Kumelembuai melaksanakan kegiatan Ordekiur atau lomba desa dalam rangka menyambut HUT ke-77.

Agenda tahunan yang dilaksanakan menjelang HUT Proklamasi RI ini, diikuti oleh delapan desa di Kecamatan Kumelembuai

Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP mengatakan, ordekiur adalah agenda penting sebagai sarana evaluasi dan penilaian terhadap kinerja pemerintah dan kelembagaan, selain itu guna mengukur keterlibatan masyarakat mendukung program pemerintah, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

“Jadi ini bukan hanya sebatas seremonial, tapi bagaimana kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam rangka membantu pemerintah desa sebagai instrumen untuk fokus target dan tujuan pelaksanaan dan fungsi pemerintahan sosial dan kemasyarakatan,” ujar Camat Kamang pada saat memberikan arahan di kegiatan ordekiur di Desa Kumelembuai Atas, Rabu (3/7/2022).

Sementara itu menurut Camat Kamang bahwa indikator penilaian dalam Ordekiur yaitu kinerja manajemen pemerintah meliputi administrasi desa dan kelembagaan serta penilaian lapangan lomba 4 K yakni Kebersihan, Keindahan, Kesehatan dan Ketertiban.

“Hasil evaluasi diharapkan akan diperbaiki jika ada yang kurang dan lebih ditingkatkan hal-hal yang baik,” ujarnya.

Sebelumnya Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Lilly Lapian SPd memaparkan kondisi dan situasi Desa Kumelembuai Atas.

“Tentu temuan yang diaspirasikan warga kepada tim penilai saat melakukan penilaian atau ordekiur akan menjadi bahan evaluasi untuk nantinya diperbaiki dan ditingkatkan menjadi lebih baik. Baik itu di bidang administrasi maupun hal lainnya,” ujar Lapian.

Diketahui hadir dalam kegiatan ordekiur Pemdamping Desa Kecamatan Kumelembuai, BPD, LPM, tim penilai serta perangkat pemerintahan Kecamatan Kumelembuai dan Perangkat Desa Kumelembuai Atas.

Terinformasi kegiatan Ordekiur di Delapan Desa tersebar di Kecamatan Kumelembuai telah dilaksanakan sejak 2 Agustus 2022 kemarin, dan akan berakhir pekan depan. (lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.