Pemdes Kumelembuai Atas Tetapkan 7 Program Prioritas di Musrenbang RKPD 2024

Pemdes Kumelembuai Atas Tetapkan 7 Program Prioritas di Musrenbang RKPD 2024

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Desa Kumelembuai Atas melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Tahun Anggaran 2024, Jumat (6/1/2023).

Kegiatan yang dibuka secara resmi Penjabat Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Jans Lazarus Liando SE dan dihadiri Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP, berhasil menetapkan Tujuh Program Prioritas.

Ketujuh program prioritas yang disepakati dan kemudian ditetapkan bersama dalam Musrenbangdes RKPD Kabupaten Minsel Tahun 2024 yaitu Pembangunan Talud, Peningkatan Jalan Sentra Ekonomi, Pafing block pila-pila jalan, Pengadaan Bibit Ternak Babi, Pengadaan Indukan Sapi, Bibit Ikan Air Tawar dan Pemberdayaan Ekonomi.

“Tujuh prioritas ini nantinya akan disampaikan pada saat Musrenbang tingkat Kecamatan. Sementara puluhan usulan lainnya akan dimasukkan dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Kecamatan Kumelembuai,” ujar Liando didampingi Sekdes Steven Wungow, seraya berharap dari berbagai program yang diusulkan nantinya akan ada yang terealisasi jadi program pembangunan Kabupaten Minsel Tahun 2024 mendatang.

Pemdes Kumelembuai Atas Tetapkan 7 Program Prioritas di Musrenbang RKPD 2024

Sementara itu Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP, menyampaikan bahwa agenda reguler setiap awal tahun yang dilaksanakan berpedoman pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2014, Permendagri Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Perencanaan pembangunan Desa dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan Perda tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana jangka menengah pembangunan daerah dan RKPD, menghasilkan puluhan usulan dari berbagai bidang pembangunan.

“Musrenbang RKPD merupakan alur perencanaan pembangunan Nasional yang dilaksanakan a1berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pusat. Pelaksanaan Musrenbang adalah forum rembuk bersama dalam membicarakan hal-hal strategis dan usulan dalam berbagai bidang pembangunan yang nantinya dapat didanai oleh Dana Desa, APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN,” terang Waworuntu.

Diketahui Musrenbang dipandu oleh BPD dan dihadiri unsur Forkompimcam, tokoh agama, masyarakat, keterwakilan perempuan yang merupakan utusan Jaga, serta pendamping desa di Kecamatan Kumelembuai dan Tim Musrembang RKPD 2024 Pemerintah Kecamatan Kumelembuai. (lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.