Pemdes Kumelembuai Atas Realisasikan BLT Tahap 9 Untuk 35 KPM

Penyerahan BLT DD Tahap ke-9 Bulan September 2021 Desa Kumelembuai Atas (manadotoday)

Ingatkan Warga Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Desa (Pemdes) Kumelembuai Atas kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (DD) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran BLT -DD Tahap ke 9 Bulan september 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan diberikan kepada 35 KPM di Gedung Olahraga (GOR) Desa Kumelembuai Atas, Sabtu (25/9/2021).

Pada kesempatan tersebut Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Ibu Lilly Lapian SPd, menjelaskan bahwa untuk penyaluran tahap ke 9 BLT DD Tahun 2021 mengalami perubahan penerima manfaat. Di mana pada tahap pertama hingga tahap kedelapan diterima oleh 84 KPM.

“Untuk tahap ke-9 hanya diberikan kepada 35 KPM sesuai hasil musdes perubahan penerima BLT-DD antara Pemerintah dan BPD,” jelasnya.

Perubahan penerima KPM menurutnya sebagaimana tindaklanjut Surat Edaran Bersama 3 Menteri Nomor 8 Tanun 2021 tentang Optimalisasi dan Percepatan Pelaksanaan BLT DD Tahun 2021, bahwa untuk Desa dengan Anggaran Dana Desa 800 juta kebawah dialokasikan 25 persen untuk BLT.

“Itulah dasar dilakukan perubahan BLT DD. Dan yang ditetapkan sebagai KPM bersasarkan pertimbangan warga kurang mampu, kehilangan pekerjaan dan memiliki penyakit kronis. Penetapan KPM berdasarkan hasil musywarah bersama antara BPD, Pemdes serta utusan jaga, ” terang Hukum Tua.

Pun demikian Hukum Tua mengharapkan agar BLT Dana Desa dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para KPM untuk memenuhi kebutuhan di masa pandemi covid-19.

Penyerahan BLT DD Tahap ke-9 Bulan September 2021 Desa Kumelembuai Atas (manadotoday)

“Gunakan dengan baik bantuan ini dan sebisa mungkin hindari penggunaan yang bersifat pemborosan atau hal yang tidak bermanfaat,” pesan Hukum Tua.

Selanjutnya, mengingat saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19, Hukum Tua juga mengingatkan seluruh elemen masyarakat agar tetap konsisten dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas setiap hari.

“Jangan pandang enteng tetap Lakukan adaptasi kebiasaan baru dengan melakukan 6 M yakni; Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun di air mengalir, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan, Membatasi Mobilitas dan menghindari makan bersama dengan orang lain ” pungkasnya. (lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.