Pembangunan Infrastruktur Dominasi Usulan Warga di Musdes Penyusunan RKP Desa Kumelembuai Atas Tahun 2023

Pembangunan Infrastruktur Dominasi Usulan Warga di Musdes Penyusunan RKP Desa Kumelembuai Atas Tahun 2023

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Desa Kumelembuai Atas melaksanakan Musyawarah Desa dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023, Rabu (1/7/2022).

Agenda Tahunan yang dilaksanakan berdasarkan Permendagri No 114 Tentang Rencana Pembangunan Desa, melibatkan delegasi dari masing-masing Jaga.

Dalam agenda Musrembang RKPD kali ini, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat masih tetap mendominasi usulan warga.

“Berbagai usulan yang disampaikan di bidang pembangunan infrastruktur yaitu Talud di hampir setiap jaga, cekdam, drainase, rabat beton jalan sentra ekonomi serta pemberdayaan masyarakat diantaranya pelatihan, pengadaan pupuk dan bibit jagung, cengkih, kelapa dan prngadaan alat pertanian dan perbengkelan terbanyak diusulkan warga,” ujar Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Lili Lapian SPd didampingi Sekertaris Desa Steven Wungow.

Selama enam tahun kepemimpinan sebagai Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas, Lapian juga menyampaikan bahwa sejumlah program pembangunan atau visi dan misi yang dituangkan dalam RPJMDes Tahun 2016-2022, sudah berhasil dilaksanakan.

Meskipun menurutnya, ada sejumlah program yang telah dirumuskan dan disepakati bersama pemerintah dan masyarakat urung dilaksanakan karrna terkendala situasi pandemi covid-19, yang melanda dunia sejak Tahun 2020 sampai Tahun 2022.

“Saya berharap berbagai program yang belum terlaksana nantinya akan terwujud di tahun-tahun mendatang,” ujar Lapian seraya memberikan apresiasi dan terima ksih atas dukungan seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan setiap program pembangunan.

Sementara itu Camat Kumelembuai Michael Kamang Waoruntu mengatakan, agenda musyawarah desa RKPDes, penting dilaksanakan untuk menentukan arah pembangunan desa Kumelembuai Atas di Tahun Anggaran 2023 mendatang.

“Saya berharap semua yang diusulkan nantinya akan mengakomodir kepentingan masyarakat dan daoat menunjang kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Camat Kamang juga mengingatkan agar seluruh potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dioptimalkan dalam rangka menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Karena itu mari bersama bergandengan tangan dan berkontribusi positif mendukung program pembangunan demi terwujudnya Kabupaten Minsel yang Maju, Berkepribadian dan Sejahtera, sebagaimana visi dan misi Bupati Minsel Frangky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Pendeta Petra Yanni Rembang,” tukasnya.

Diketahui agenda Musrembang Penyusunan RKPD Tahun 2023 yang dipimpin oleh BPD, menghasilkan puluhan usulan di berbagai bidang yakni Pembangunan, Pemerintahan, Ekonomi dan Sosial Kemasyarakatan.

Dalam pelaksanaan Musdes RKP Desa Kumelembuai Atas Tahun 2023 kemudian dibentuk tim penyusun RKPDes Tahun Anggaran 2023 yang terdiri dari 9 orang.

Hadir pada Musrembang ini tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, keterwakilan perempuan, utusan jaga, pendamping desa dan staf Pemerintah Kecamatan Kumelembuai.(lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.