Makasili Wakili Kecamatan Kumelembuai di Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten

Makasili Wakili Kecamatan Kumelembuai di Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten

Siap ke Epdeskel Tingkat Provinsi Jika Berhasil Menjadi Terbaik se-Kabupaten Minsel

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Desa Makasili mewakili Kecamatan Kumelembuai pada lomba Evaluasi Perkembangan Desa (Epdeskel) Tahun 2022 tingkat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Keberhasilan Desa Makasili di bawah kepemimpinan Hukum Tua Roddy Wungow, mengikuti lomba Epdeskel tingkat Kabupaten Tahun 2022, setelah dalam lomba tingkat kecamatan berhasil menjadi terbaik menyisihkan 7 desa lainnya di Kecamatan Kumelembuai.

Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP saat penilaian Epdeskel tingkat Kabupaten, Jumat (14/5/2022), menyebutkan bahwa Desa Makasili paling layak mewakili Kecamatan Kumelembuai di lomba Epdeskel Tahun 2022 ini.

Hal itu menurut Camat Kamang, didasarkan pada hasil penilaian tim Epdeskel tingkat Kecamatan di mana Desa Makasili meraih poin tertinggi menyisihkan 7 desa lainnya.

“Selain itu faktor pertimbangan lainnya adalah Desa Makasili capaian Vaksinasi yang tinggi serta situasi Kamtibmas yang kondusif,” ujar Camat seraya menyatakan jika Desa Makasili menjadi terbaik tingkat Kabupaten berbagai kekurangan dari hasil evaluasi akan dibenahi.

Sementara itu Hukum Tua Desa Makasili Roddy Wungow menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan seluruh pihak yang telah bersinergi menunjang Pemerintah Desa Makasili dalam lomba Epdeskel Tahun 2022

“Kita berharap akan mendapatkan hasil terbaik tentunya. Meskipun bukan semata penghargaan yang menjadi target. Namun bagaimana lomba Epdeskel ini akan menjadi motifasi bagi Pemdes Makasili untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Disamping itu tentu berdampak pada penataan administrasi dan data yang lebih baik,” ucapnya.

“Pemdes Makasili tentu siap ke lomba Epdeskel tingkat Provinsi jika berhasil menjadi terbaik tingkat Kabupaten,” tukasnya.

Sebelumnya tim penilai Epdeskel tingkat Kabupaten Minsel yang dibagi 3 tim, memaparkan sejumlah temuan berdasarkan hasil wawancara dengan BPD, perangkat desa dan LPM.

Dari hasil evaluasi beberapa point yang perlu mendapatkan perhatian menurut para tim penilai diantaranya Profil Desa yang memuat Data Kependudukan dan Potensi Desa, Data Kependudukan yang up to date atau terbaru serta kebersihan lingkungan.

“Jika Desa Makasili nantinya akan mewakili Kabupaten di Epdeskel tingkat Provinsi tentunya berbagai kekurangan sudah harus dibenahi,” tukas salah satu tim penilai.

Dari hasil Epdeskel Desa Makasili memperoleh nilai 431 masuk dalam kategori Desa Berkembang.

Hadir dalam kegiatan ini Staf Khusus Bupati Bidang Pemberdayaan masyarakat Desa Ir Noldy Liow, Tim penilai terdiri dari TP PKK Kabupaten Minsel, Dinas PMD, Dinas Kesehatan dan Bagian Pemerintahan. (lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.