Tarif Masuk Pelabuhan Manado Batal Naik

Usaha Ikatan Kekeluargaan Indonesia, Sangihe, Sitaro, Talaud (IKKIST) Manado, LSM Gertak dan GAMKI Sitaro yang menentang kenaikkan tarif masuk Pelabuhan Manado akhirnya berbuah manis

Ikatan Kekeluargaan Indonesia, Sangihe, Sitaro, Talaud (IKKIST) Manado, LSM Gertak dan GAMKI Sitaro saat menyambangi PT Pelindo IV Manado

MANADO, (manadotoday.co.id) – Usaha Ikatan Kekeluargaan Indonesia, Sangihe, Sitaro, Talaud (IKKIST) Manado, LSM Gertak dan GAMKI Sitaro yang menentang kenaikkan tarif masuk Pelabuhan Manado akhirnya berbuah manis.

KPU TOMOHON

Dalam pertemuan yang digelar pada Senin (23/11/2020), PT Pelindo IV Cabang Manado akhirnya menunda penerapan PD Nomor 05 tahun 2019 tentang kenaikan tarif masuk pelabuhan dan kembali menerapkan tarif lama.

Kesepakatan ini tertuang dalam Berita Acara Rapat antara Pelindo IV Cabang Manado dengan Masyarakat/Mahasiswa Nusa Utara tentang Tolak Kebijakan Kenaikan Pas Pelabuhan, dan ditandatangani oleh perwakilan Warga Nusa Utara, GM Pelindo IV Cabang Manado dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Manado sebagai mediator.

BAWASLU TOMOHON

Menurut Ketua IKKIST Manado Pontowuisang Kakauhe, kesepakatan antara kedua belah pihak didasari atas adanya kepentingan bersama yang bertujuan demi kepentingan orang banyak.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, kebijakan untuk menaikan tarif masuk pelabuhan Manado bisa mempengaruhi perekonomian warga Nusa Utara. Dengan adanya kenaikan, secara otomatis akan berpengaruh pada kenaikan harga barang di wilayah Kepulauan Nusa Utara. Oleh karena itu, kebijakan PT Pelindo Cabang IV Manado untuk menunda kenaikan tarif masuk Pelabuhan Manado sangat kami apresiasi,” kata Kakauhe.

Sementara GM Pelindo IV Wilayah Manado, Rudi Lontaan mengatakan, kebijakan untuk menaikkan tarif masuk Pelabuhan Manado sebenarnya sudah lama dikaji dan disesuaikan dengan kondisi pelayanan dari PT Pelindo IV Manado. Namun dengan melihat kondisi saat ini dan atas aspirasi dari warga Nusa Utara, PT Pelindo IV Manado sepakat untuk menunda kenaikan tarif masuk Pelabuhan Manado.

“Melihat kondisi saat ini yang masih dalam Pandemi Covid-19, serta mendengar akan aspirasi warga Nusa Utara, dengan ini PT Pelindo IV Manado sepakat untuk membatalkan kenaikan tarif masuk Pelabuhan Manado saat ini, dan menunda sampai 15 Januari 2021,”ujar Lontaan.

Diketahui, dalam pertemuan antara perwakilan warga Nusa Utara dan PT Pelindo IV Manado ini, disepakati pula untuk mahasiswa dan pelajar gratis masuk pelabuhan dengan syarat memperlihatkan kartu pelajar atau mahasiswa.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.